Sukses

Wanita Butuh Tidur 20 Menit Lebih Banyak Ketimbang Laki-laki

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan, wanita harus benar-benar butuh tidur lebih banyak ketimbang pria.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan, durasi tidur wanita harus benar-benar lebih banyak ketimbang pria. Wanita yang kurang tidur diklaim cenderung berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan.

Seperti diberitakan the Sun, Jumat (11/3/2016), studi ini melibatkan 210 pria dan wanita paruh baya. Intensitas tidur mereka diukur dan dibandingkan dengan risiko penyakit yang ada.

"Kami menemukan, wanita kurang tidur berisiko mengalami tekanan psikologis dan depresi serta emosi yang negatif. Sebaliknya, perasaan ini ternyata tidak mempengaruhi pria," kata Director of the Sleep Research Center at Loughborough University, Profesor Jim Horne. 

Menurut Horne, otak wanita seperti halnya kabel listrik yang kompleks. Hal ini membuat mereka perlu tidur rata-rata 20 menit lebih lama ketimbang pria. "Wanita merupakan makhluk multitasking yang secara biologis menggunakan otaknya lebih banyak. Karena itu, kebutuhan tidur mereka lebih besar."

Hal ini, kata Horne, berbanding terbalik dengan survei yang dilakukannya. Sebab data National Sleep Foundation menunjukkan, 63 persen wanita mengalami kesulitan tidur atau insomnia beberapa kali dalam seminggu dibandingkan 54 persen pria.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.