Sukses

Kegemukan Pada Anak Picu Gangguan Ginjal

Banyak risiko kegemukan pada anak, salah satunya adalah gangguan ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali orangtua yang salah kaprah mengenai kondisi kesehatan buah hatinya. Seperti misalnya mereka menganggap gemuk itu sehat. Padahal, kegemukan pada anak bisa memicu risiko gangguan ginjal.

Begitu disampaikan dokter Ahli Ginjal Anak FKUI/ RSCM, DR. dr. Sudung O Pardede Sp.A(K) pada wartawan melalui siaran pers, ditulis Jumat (11/3/2016).

"Kelebihan berat badan anak yang tidak terkontrol dapat menyebabkan obesitas dan saat mereka dewasa hal ini akan meningkatkan potensi mengidap berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal," katanya.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr. Dharmeizar, SpPD-KGH pun sependapat. Menurutnya, para orangtua harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai deteksi dini penyakit ginjal dan membiasakan anak-anak mereka untuk melakukan berbagai aktivitas fisik.

Data UNICEF, World Children Report 2012 mencatat, sebanyak 12,2 persen anak Indonesia ternyata mengalami obesitas. Jumlah ini lebih besar dua kali lipat dari negara Malaysia yang hanya 6 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.