Sukses

Ini Langkah Mudah Atasi Ruam dan Gatal Kulit Ketiak

Ketiak adalah area sensitif pada tubuh yang perlu Anda perhatikan kebersihannya, agar bebas ruam dan gatal.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu area sensitif pada tubuh ialah ketiak. Umumnya ketiak menjadi bagian yang perlu diperhatikan kebersihan juga aromanya. Sebab walaupun bagian ini tertutup oleh pakaian, namun saat kebersihannya tak terjaga dengan benar akan menyengsarakan hari-hari Anda. 

Kebanyakan kasus, kesalahan memilih produk pewangi tubuh menjadikan ketiak beraroma tak sedap hingga ruam. Selain itu keringat yang meninggalkan kondisi lembab juga berakibat ruam pada kulit ketiak sekaligus rasa gatal.

Mengutip laman superfoodliving.com, ditulis Rabu (9/3/2016) penyebab umum dari meruamnya ketiak adalah akibat kelenjar getah bening yang membesar - pembesaran kelenjar ini menyebabkan rasa gatal dan ruam pada ketiak. Penyumbatan dan peradangan akibat keringat juga mampu membuat ketiak terinfeksi.

Dari beberapa penyebab tersebut ketiak memerlukan pengobatan yang tepat. Berikut pengobatan alami untuk jaga kebersihan ketiak agar bebas dari ruam dan gatal.

- Daun lidah buaya

Menepuk jel dari daun lidah buaya di area ruam mampu ringankan rasa gatal hingga ruam pada permukaan kulit ketiak. Diamkan selama beberapa waktu lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

- Daun nimba

Sifat antiseptik dan anti-bakteri dari daun nimba mampu membantu menenangkan rasa gatal dan iritasi di area ketiak.
Dengan membalurkannya di seluruh permukaan ketiak, rasa gatal akan hilang seketika.

- Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki sifat terapeutik. Oleskan pada daerah ruam, kandungan minyak zaitun akan menembus ke dalam kulit secara efektif.

- Bubuk soda kue

Mencampur setengah sendok teh baking soda ke dalam air mandi atau ke area ruam dengan kondisi kering bantu ruam mereda.

- Kompres dengan es

Letakkan sebongkah es batu di area ketiak yang ruam dapat mengurangi rasa gatal.

- Minyak kelapa

Minyak kelapa yang dicampur ke dalam baking soda lalu balurkan ke seluruh permukaan kulit yang ruam dan biarkannya selama lima menit.

Langkah utama yang perlu diperhatikan selain menerapkan bahan-bahan alami di permukaan kulit ketiak ialah hindari menggaruk ketiak yang ruam dan gatal, sebab dengan menggaruk bagian yang ruam akan meninggalkan infeksi dan jamur lebih lama lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini