Sukses

Temukan Manfaat Kesehatan Tubuh dari Memancing

Selain menyenangkan, ternyata memancing memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan memancing ikan bukan sekadar memberikan kesenangan bagi penggemarnya. Dengan memancing, individu dapat merasakan aura baik untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dari Wide Open Spaces, Selasa (8/3/2016), memancing memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Latihan fisik

Memancing merupakan salah satu kegiatan fisik atau olahraga besar. Untuk memancing, Anda harus mengarungi sungai bahkan laut dan melemparkan alat-alat beserta umpan selama berjam-jam untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Berlama-lama di atas perahu dan merasakan terik matahari memang tidak akan membuat tubuh kehilangan berat badan. Namun manfaat untuk tubuh ialah meningkatkan secara menyeluruh kesehatan jantung manusia.

2. Bermanfaat untuk otot dan sendi

Gerakan kecil terhadap tumpuan pada lutut kaki bahkan saat mendaki curamnya sungai, membuat lutut memperoleh gerakan-gerakan yang berdampak menguatkan sendi-sendiri pada kaki.

3. Relaksasi

Memancing benar-benar mampu menenangkan pikiran. Berada di tengah alam lepas dan jauh dari alat teknologi seperti komputer dan ponsel membuat otak rileks dan fokus terhadap aktivitas memancing.

Terlebih paparan sinar matahari akan membuat reaksi vitamin D pada tubuh berproses dengan sempurna.

4. Melatih motorik

Dengan memancing tubuh akan terlibat beberapa gerakan, terutama untuk individu berusia lanjut. Memancing memberikan beberapa keterampilan motorik halus akan semakin tajam lebih lama.

Tak hanya itu, otot-otot yang tak pernah digunakan akan mengalami pergerakan dan latihan kecil saat memancing, terutama pada bagian lengan dan punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini