Sukses

Minum 6 Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Multiple Sclerosis

Minum kopi enam kali sehari bisa mencegah risiko Multiple Sclerosis (MS).

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari Institut Karolinska di Stockholm, Johns Hopkins University di Maryland dan Universitas California, Berkeley, menemukan manfaat lain kopi. Menurut mereka, minum kopi enam kali sehari bisa mencegah risiko Multiple Sclerosis (MS).

Seperti diberitakan Dailymail, Jumat (4/3/2016), studi ini melibatkan 1.620 orang dewasa dengan MS dan kelompok perbandingan 2.788 orang tanpa MS. Kelompok kedua melibatkan 1.159 orang dengan MS dan 1.172 orang sehat.

Dalam kedua studi tersebut, para peneliti kemudian memperkirakan asupan kopi sebelum dimulainya gejala MS dibandingkan dengan kelompok sehat. Para ahli tidak yakin mengapa kopi melindungi terhadap penyakit tersebut. Namun kafein diduga bisa menurunkan risiko MS hingga 30 persen.

"Pada kopi mungkin terdapat sifat neuroprotective yang telah terbukti mendorong resposn inflamasi dalam tubuh," kata peneliti. 

MS merupakan kondisi neurologis yang menyebabkan kelumpuhan. Di Indonesia, penyakit ini tergolong langka. Penyakit ini umumnya terdiagnosis dalam usia produktif, antara 15-50 tahun. Dalam 1,5 tahun terakhir di RSCM ada sekitar 14 orang yang terdiagnosis penyakit ini. 

Kondisi ini paling sering memengaruhi wanita ketimbang pria sehingga menyebabkan hilangnya mobilitas, masalah penglihatan, kelelahan dan sakit luar biasa. 

Meski begitu, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry ini dianggap hanya penelitian observasional sehingga tidak ada kesimpulan sebab dan akibatnya.

"Terlepas dari apakah konsumsi kopi memiliki manfaat mencegah penyakit, dalam penelitian ini kami melihat efek kopi selama 5-10 tahun," ujar peneliti.

Dalam editorial yang menyertai, Elaine Kingwell dan Jose Maria Andreas Wijnands dari University of British Columbia di Vancouver mengatakan, bukti mengenai manfaat kopi untuk kesehatan memang masih berkembang. Dan analisis ini kembali menambah bukti menguntungkan dari kopi.

Temuan ini juga dianggap akan menjamin penyelidikan lebih lanjut. Kepala uji klinis pada MS Society, Dr Emma Gray, mengatakan, studi ini memberikan bukti baru ada hubungan antara kopi dan risiko MS yang harus diujicoba.

"Ada lebih dari 100.000 orang dengan MS di Inggris dan kami belum sepenuhnya memahami apa yang menjadi penyebabnya. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui akar penyakit ini," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini