Sukses

Sam Smith Bukanlah Gay Pertama yang Menerima Oscar

Pernyataan Sam Smith yang menyebut ia adalah gay pertama yang menerima Oscar memancing pengguna Twitter berkomentar.

Liputan6.com, Jakarta "Saya membaca satu artikel milik Sir Ian McKellen, dan ia mengatakan bahwa tidak ada pria gay yang pernah memenangkan Oscar," ujar Sam Smith.

Pidato yang disampaikan Sam Smith saat menerima trofi Oscar untuk kategori lagu terbaik 'Writing On the Wall', soundtrack film James Bond, Spectre, menyebabkan kegemparan di Twitter.

"Apakah pekerjaan rumahmu, Sam Smith? Banyak orang gay telah memenangkan Oscar. Gaga tahu itu," tulis pemilik akun Andy Herren. Sejumlah meme yang menggambarkan bahwa ucapan Sam Smith adalah omong kosong beredar juga di Twitter.

Sam Smith mungkin tidak tahu, seniman gay pertama yang berhasil membawa pulang trofi Oscar adalah Sir John Gielgud lewat film komedi Arthur (1981). Tiga belas tahun kemudian, disusul musisi Sir Elton John untuk lagu terbaik dari film Circle of Life (1994)

Ada juga nama Allan Ball untuk kategori penulis skenario terbaik film American Beauty (2000). Bahkan, Alan Ball membungkus rapi trofi Oscar-nya dengan jaket Barbie warna merah muda.

Pada 2008, Oscar kembali mencacat nama gay yang berhasil memenangkan ajang ini, Dustin Lance Blake sebagai penulis skenario asli terbaik untuk film Milk (2008)

Seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (1/3/2016), menganggap ia adalah gay pertama yang menerima Oscar, Sam Smith ingin mendedikasikan penghargaan itu untuk komunitas LGBT di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.