Sukses

Jangan Remehkan Lidah, Cek 3 Fakta Ini

Lidah sebagai indera pengecap manusia ternyata punya fakta yang unik dan mungkin tak pernah Anda sadari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Lidah sebagai indera pengecap manusia ternyata punya fakta yang unik dan mungkin tak pernah Anda sadari sebelumnya. Ya lidah yang ada di dalam mulut kita ini tak hanya unik karena mampu membedakan rasa dan juga membuat makanan yang kita santap terasa enak.

Namun lidah tentu punya banyak keunikan dikarenakan fungsinya pada tubuh manusia yang sangat signifikan dan juga penting. Penasaran dengan apa saja fakta mengagumkan tentang lidah manusia? 

Berikut ini ada 3 fakta unik mengenai lidah manusia yang mungkin selama ini tak pernah Anda sadari, dilansir dari Men's Health, Selasa (1/3/2016):

1. Satu-satunya otot yang bisa bergerak tanpa tulang

Lidah adalah satu-satunya otot di tubuh manusia yang bisa bergerak tanpa ditopang oleh tulang belulang. Jika selama ini Anda menyangka bahwa lidah itu adalah daging, maka Anda keliru.

Faktanya lidah itu termasuk dalam golongan otot tubuh manusia. Dan lidah pula menjadi satu-satunya otot tubuh manusia yang bisa bergerak tanpa harus ditopang oleh tulang belulang. Fenomena ini disebut dengan muscular hydrostat.

2. Otot paling kuat di tubuh

Lidah adalah otot terkuat di tubuh manusia. Peneliti menemukan fakta bahwa Lidah merupakan otot paling kuat yang ada di tubuh manusia. Selain itu, lidah adalah otot manusia yang paling sensitif pula. Terdapat kurang lebih 10.000 bintil pengecap dalam lidah yang setiap bagiannya dihubungkan dengan 15 sensor menuju otak.

3. Setiap lidah unik dan berbeda

Sama seperti sidik jari, sidik lidah manusia juga unik dan tak sama satu dengan lainnya. Tak hanya sidik jari yang bisa menjadi identifikasi siapa sebenarnya manusia tersebut. Ternyata, lidah manusia pun bisa menjadi ciri khas seseorang.

Sidik lidah atau tongueprints itu unik dikarenakan tiap manusia memiliki bintil pengecap yang berbeda. Bisa dipastikan tak ada dua manusia di dunia ini yang punya tongueprints yang sama satu dengan lainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini