Sukses

Anak Tak Suka Nasi? Ganti dengan Kentang

Dibandingkan nasi, anak-anak cenderung lebih menyukai kentang. Untungnya, sumber karbohidrat ini baik untuk mereka.

Liputan6.com, Jakarta Kentang cenderung disukai oleh anak-anak dan bisa menjadi sumber yang baik untuk potasium dan serat bagi anak usia 1 hingga 3 tahun, menurut sebuah studi, seperti dilansir dari laman Times of India, Selasa (1/3/2016).

Studi tersebut menunjukkan bahwa kentang menyediakan 8 persen dari serat harian yang direkomendasikan, penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan secara keseluruhan pada anak. 

"Penting untuk mengkonsumsi seluruh sayuran, terutama mereka yang baik untuk sumber potasium dan serat diet, terutama bagi anak-anak,” ujar Theresa A. Nicklas dari Baylor College of Medicine di Amerika Serikat.

"Kebiasaan pola makan yang dibangun sejak kecil seringkali terbawa ketika dewasa. Dan menjadi sangat penting untuk mendorong anak-anak untuk menikmati sayuran sebagai bagian dari pola makan untuk mendapatkan nutrisi dan manfaat kesehatan yang terdapat pada sayur agar terbiasa ketika dewasa,” tambah Nicklas dalam makalah yang dipublikasikan pada jurnal Advances in Nutrition.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak usia 1 hingga 3 tahun hanya mengkonsumsi 67 persen dari asupan pola makan yang direferensikan untuk potasium dan 55 persen dari pola makan yang direfensikan untuk serat.

Dalam studi terhadap siswa sekolah dasar menunjukkan, siswa tidak mengkonsumsi mayoritas dari sayur yang disediakan untuk mereka di sekolah.

Namun, sisa makanan di piring untuk kentang putih merupakan yang paling sedikit diantara semua sayur, dengan demikian, menyediakan kentang pada menu di sekolah merupakan satu cara penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini