Sukses

Kapan Usia Ideal untuk Menikah?

Untuk mendapatkan pernikahan yang awet, apakah usia menentukan keberhasilannya?

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan adalah lambang dari saling cinta antar pria dan wanita, namun agar awet sampai akhir hayat, pernikahan membutuhkan "ketepatan" untuk memulainya. Mulai dari pasangan yang tepat, waktu yang tepat, hingga usia yang tepat.

Beberapa penelitian menunjukkan, peningkatan jumlah angka perceraian nampak dari pernikahan pasangan di usia 20 tahun. Di mana peneliti melihat adanya tanggung jawab yang besar untuk membawa hubungan ke tujuan yang diinginkan.

Dilansir dari laman Boldsky, Minggu (28/2/2016) rumus pertama untuk mendapatkan hubungan pernikahan yang awet dengan mengetahui waktu dan usia yang tepat untuk menikah.

Pada dasarnya tidak ada usia yang tepat untuk menikah karena usia hanyalah sebatas angka, namun yang diperlukan adalah kesiapan dan kematangan mental seseorang untuk menjalankan pernikahan.

1. Pernikahan di usia 20-an

Usia 20 hingga 25 tahun adalah usia yang seharusnya dilakukan untuk menyelesaikan pendidikan dan mengawali karier namun jika pernikahan terjadi di usia ini, diperlukan tanggung jawab yang sangat besar untuk membangun rumah tangga dengan karier yang belum maksmimal.

2. Pernikahan di atas 25 tahun

Usia ini dikatakan dalam masa seseorang mulai menginginkan hidup berdua dengan orang yang mereka inginkan. Dari sisi fisik dan ekonomi, wanita dan pria di usia ini biasanya cukup matang.

3. Menikah di usia 30-an

Bagi wanita khususnya mereka memiliki keterbatasan fisik yaitu untuk kesehatan rahim mereka. Namun ilmu kedokteran mengatakan pernikahan yang dilakukan wanita sebelum usia 35 tahun masih miliki kemungkinan kehamilan yang baik.

4. Pernikahan di atas 35 tahun

Usia ini sering kali menimbulkan pertanyaan dari banyak orang ketika pria atau wanita belum menikah.

Hal ini menjadi sebuah perjalanan rumit ketika pernikahan tertunda akibat terlalu asyik hidup sendiri dan kemungkinan besar berasal dari tekanan karir. Menikah di usia ini pun menjadi masalah serius untuk kehamilan dan persalinan sang wanita.

5. Menikah setelah 40 tahun

Pria dan wanita yang belum menikah hingga usia 40 tahun membutuhkan pasangan yang sesuai dengan dirinya. Dan perlu lah mereka yang berusia 40 tahun berkonsultasi kepada para ahli untuk mendapatkan proses pernikahan yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.