Sukses

Orientasi Seksual Anak Bisa Diketahui Sejak Usia 6 Tahun

Kartun-kartun yang digemari seorang anak pun bisa dijadikan penanda apakah memang si anak memiliki masalah pada orientasi seksualnya.

Liputan6.com, Jakarta Orientasi seksual pada anak bermasalah atau tidak dapat terlihat saat mereka berumur enam tahun. Baik dari segi perilaku hingga penampilan akan terlihat sangat jelas.

"Karena terkadang ada anak cewek yang kagum dengan guru ceweknya karena si guru ini cantik. Tapi, apakah orientasi bermasalah atau tidak, akan terlihat," kata Ade Dian Komala M.Psi.

Ade, psikolog dari klinik remaja Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, pernah mendapat satu pasien berumur enam tahun yang terlihat sekali memang memiliki orientasi seksual yang bermasalah. 

"Ketika dia pergi sama mamanya, ada kecenderungan menyukai barang-barang cewek. Ketika si mamanya bilang pesawat lebih oke, si anak menganggapnya tidak oke," kata Ade dalam diskusi yang diadakan Forum Ngobrol Bareng Sahabat (NGOBRAS) di Klinik Remaja Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu (17/2/2016).

Dari kartun-kartun yang digemari seorang anak pun bisa dijadikan penanda apakah memang si anak memiliki masalah pada orientasi seksualnya. "Dia bilang favoritnya adalah Girls Generation. Dari sini saja terlihat sekali perbedaannya," kata Ade Dian.

Ade lantas membawa anak tersebut ke spesialis endokrin guna memperbaiki masalah hormonalnya. "Meski ada kesalahan yang dilakukan orangtuanya. Dulu si ibu sering membawa anaknya berbelanja sepatu," kata Ade Dian menceritakan.

Dan memang terlihat dari penampilan sehari-hari yang tidak sesuai gender. "Si anak cowok ini kelihatan pembawaannya memang tidak pas," kata dia.

Maka yang dilakukan adalah memperbaiki sisi hormon dan pola asuhnya. "Kita tidak langsung bilang bahwa Hello Kitty itu jelek. Takutnya dia mencari-cari di belakang. Lebih baik mengatakan kartun itu tidak keren, tapi lebih keren kartun lainnya. Secara halus mengarahkannya," kata dia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.