Sukses

Dua Alasan Utama Tak Kunjung Bangkit dari Perceraian

Tak ada willingness serta membandingkan kehidupan dirinya dengan mantan pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Usai bercerai, orang tentunya ingin segera bangkit kembali untuk melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang masa lalu. Sayangnya, keinginan tak berjalan lurus dengan kenyataan. Mengapa begitu?

Psikolog klinis Efnie Indriani menerangkan paling tidak ada dua alasan yang membuat seseorang sulit untuk bangkit dari mantan pasangan berdasarkan pengalaman dengan pasien-pasiennya.

Pertama, tak ada willingness. Ketika seseorang tak ada keinginan untuk benar-benar lepas dari mantan tentu akan sulit bangkit. "Inginnya bangkit, tapi masih mencari-cari informasi soal mantan atau malah buka akun media sosial pribadinya sehingga tahu mantan sudah menjalin hubungan dengan siapa saja, itu yang bikin susah move on," kata Efnie.

Kedua, membanding-bandingkan kehidupan dirinya dengan mantan pasangan. Misalnya dengan membandingkan loncatan karier dengan dirinya, sudah memiliki pasangan baru belum ya, tampilan pasangan yang baru. "Hal-hal seperti ini membuatnya masih dibayang-bayangi oleh mantan," kata psikolog yang juga dosen di Universitas Kristen Maranatha Bandung ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini