Sukses

Sekadar Ciuman Ternyata Sudah Mampu Tularkan PMS

Jangan anggap enteng ciuman, karena penyakit menular seksual (PMS) ini dapat ditularkan melalui bibir.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit menular seksual ternyata tak hanya ditularkan melalui hubungan seks atau kontak kelamin semata. Penyakit kelamin yang satu ini misalnya, merupakan penyakit umum yang dinilai penyakit memalukan dan banyak orang yang belum benar-benar mengetahui kebenaran jenis penyakit ini. Waspadalah terhadap penyakit herpes, karena penyakit ini tak hanya ditularkan melalui kontak seksual. 

Dr. Sherry Ross dari HelloFlo.com, sekaligus dokter obstetri dan ginekologi di Los Angeles Women’s Obstetrics & Gynecology, menekankan untuk memastikan seseorang menderita herpes atau tidak dengan meilhat apakah terdapat cold sore (lepuhan kecil yang menyakitkan) di area mulut, muka, atau hidung.

"Hal ini memang membingungkan karena perbedaan antara jerawat di sekitar bibir menyerupai herpes tipe 1. Cold sore dan sariawan pada mulut pun merupakan jenis herpes tipe 1. Bahkan stres, demam, pilek, atau sunburns merupakan pemicu herpes tipe 1," jelas Ross. Dikutip dari laman Gurl, Senin (15/02/2016).

Ross mengatakan jika rasa gatal atau seperti rasa kesemutan menjalar pada bibir, hal tersebut juga menjadi salah satu tanda seseorang dengan cold sore. Namun jika cold sore tidak nampak di permukaan mulut kondisi tersebut memungkinkan orang lain akan tertular jika melakukan kontak langsung.

Pada salah satu dari pasangan dengan cold sore yang melakukan ciuman dan seks oral akan menyebarkan herpes tipe 1 ke daerah genital. Hal ini benar-benar penting untuk diingat bahwa herpes dapat ditularkan melalui seks oral.

Namun beberapa orang berpikir bahwa kontak mulut tidak akan menularkan herpes kepada orang lain.

"Jika Anda telah terkena herpes tipe 1 dari pasangan Anda, diperlukan waktu hingga 20 hari untuk melihat cold sore benar-benar muncul. Walau bisa diobati herpes tipe 1 tidak sepenuhnya dapat disembuhkan," jelas Dr Ross.

Ross menyarankan untuk saling jujur terhadap pasangan jika pernah terkena infeksi atau penyakit seksual menular sebelum melakukan kontak seksual dengan mereka, bahkan berciuman sekalipun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.