Sukses

Kenali Kanker pada Anak Sejak Dini

Jika kanker pada orang dewasa bisa dicegah, sementara pada anak tidak bisa dicegah.

Liputan6.com, Jakarta Kanker anak berbeda dibandingkan kanker pada orang dewasa. Jika orang dewasa bisa dicegah, sementara pada anak tidak bisa dicegah seperti diungkapkan dokter spesialis anak yang fokus pada kanker anak, Edi Setiawan Tehuteru.

"Oleh karena itu yang terpenting orangtua bisa mengenali gejala kanker pada anak. Jika ditemukan dini bisa dilakukan tindakan untuk menyelamatkan nyawanya," terang dokter yang bekerja di RS Dharmais Jakarta ditulis Kamis (4/2/2016).

Jika mendapati gejala-gejalanya, ada baiknya untuk memeriksa ke dokter. Jika pun bukan kanker paling tidak sudah dikonfirmasi bahwa hal tersebut bukan kanker.

Berikut yang harus diwaspadai dan dikenali dari kanker anak sejak dini seperti dikutip buku Waspada & Kenali Kanker Pada Anak Sejak Dini:

1. Pucat, memar, atau pendarahan dan nyeri tulang.
2. Terlihat benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri dan tanpa demam atau adanya tanda-tanda infeksi laing.
3. Penurunan berat badan atau demam tanpa sebab yang jelas, batuk yang menetap atau sesak napas dan berkeringat di malam hari.
4. Perubahan yang terjadi pada mata, seperti terlihatnya manik putih, juling, hilangnya penglihatan, dan memar atau bengkak di sekitar mata.
5. Perut membuncit.
6. Sakit kepala yang menetap atau berat dan muntah (biasa terjadi pada pagi hari atau dapat memburuk dari hari ke hari).
7. Nyeri pada tangan, kaki atau tulang dan bengkak tanpa riwayat trauma atau infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.