Sukses

Perhatikan Kebersihan Area Mata Agar Terhindar dari Alergi

Area mata merupakan bagian tubuh yang sensitif dan membutuhkan perawatan yang khusus

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan maskara pada bulu mata wanita perlu diperhatikan dalam membersihkannya. Pasalnya, bagian mata sangat sensitif dan bahaya jika berkontak dengan benda juga cairan asing.

Jika tak membersihkan sisa dari maskara secara tepat, maka sisa dari bahan maskara akan menumpuk hingga menyebabkan adanya kutu pada bulu mata. Tak hanya itu, beberapa besar orang juga merasakan masalah kelopak mata kering yang dapat mengganggu kenyamanan penglihatan.

Seperti yang tercantum dalam laman Medindia, Rabu (03/02/2016) menerangkan bahwa beberapa masalah pada kelopak mata disebut dengan Blepharitis. Bila kondisi ini melanda kelopak mata seseorang, kemungkinan besar kondisi yang akan terjadi ialah kulit pada kelopak mata yang kering dan gatal, bahkan perubahan warna kulit dan rasa nyeri dapat menyerang bagian kelopak mata.

Bukan hanya maskara penyebabnya, sejumlah produk seperti sampo, cologne, pelembab, eyeliner, atau eye shadow, bahkan bantal berbulu juga selimut mampu membawa alergi pada kulit secara kilat.

Untuk menghindari hal ini, cucilah wajah sesering mungkin atau menyiram bagian mata secara tertutup menggunakan air hangat dan menghindari pemakaian sabun.

Ada beberapa kiat untuk menjaga kebersihan mata juga kelopak mata secara rinci:

1. Castor oil mampu bantu kekeringan pada kelopak mata. Dan juga jel lidah buaya di dalamnya memberikan bantuan langsung kepada kelopak mata yang ruam, kulit kering, dan kulit yang mengelupas. Pilihlah jel yang tidak mengandung bahan pengawet

2. Mengompres mata dengan air hangat sebanyak tiga sampai empat kali sehari mampu memberikan kebersihan kelopak mata.

Langkahnya dengan menggunakan kain bersih yang direndam dalam air hangat lalu memerasnya, tempelkan kain ke kedua area mata selama 10 hingga 15 menit.

3. Kenakan tabir surya atau sunscreen, juga penggunaanan kacamata hitam ketika berada di bawah sinar matahari.

4. Hindari menyentuh area mata dengan tangan yang kotor.

5. Bersihkan wajah dan mata secara menyeluruh dari penggunaan make up sebelum tidur di setiap malam. Setelah membersihkan bagian wajah dan mata, biasakan untuk mengoleskan pelembab yang cocok dengan kulit

6. Tidur dengan menggunakan bantal juga selimut yang bersih

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini