Sukses

Cegah Kanker dengan Langkah CERDIK

Masing-masing orang bisa melakukan tindakan untuk mengurangi dampak kanker kepada orang lain, keluarga, dan komunitas.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap 4 Februari, Komite Penanggulangan Kanker Nasional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengimplementasikannya dengan mengadakan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional peduli kanker termasuk aksi dan promosi edukasi yang sesuai dengan tema Hari Kanker Sedunia tahun ini: "Kita Bisa. Aku Bisa".

Tema "Kita Bisa. Aku Bisa" diharapkan bisa menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing untuk mengurangi beban akibat kanker. Masing-masing orang bisa melakukan tindakan untuk mengurangi dampak kanker kepada orang lain, keluarga, dan komunitas.

Selain diabetes dan penyakit jantung, kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap penduduk dunia. Menurut data GLOBOCAN 2012, diperkirakan ada 14,1 juta kasus kanker baru yang muncul dan 8,2 juta kematian akibat kanker. Grafik penderita kanker terus meningkat setiap tahunnya dan diprediksi mencapai 23,6 juta kasus baru per tahun pada 2030.

Kanker tak hanya menggerogoti tubuh dan kantong penderitanya melainkan juga berdampak pada ekonomi negara. Data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan, pengeluaran negara untuk kanker adalah kedua tertinggi setelah pengeluaran untuk hemodialisis. Pengeluaran negara untuk kanker pada tahun 2012 mencapai Rp 144,7 miliar.

Informasi seputar kanker yang kurang bisa dipertanggungjawabkan yang berkembang di masyarakat jadi salah satu kendala penanggulangan kanker di Indonesia. Alih-alih berdampak positif, informasi keliru tentang kanker itu justru menyesatkan masyarakat. Tak heran jika banyak penderita kanker yang terlambat mendapat penanganan medis karena sebelumnya lebih memilih melakukan terapi alternatif.

Upaya penting yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sekitar 43 persen dari keseluruhan kasus kanker bisa dicegah dengan pola hidup sehat. Sedangkan 30 persen lainnya bisa disembuhkan bila ditemukan dan diobati sedini mungkin.

Menerapkan CERDIK (Cek rutin kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres) dalam keseharian bisa dijadikan langkah untuk mencegah diri terkena kanker.

Yuk, simak cara mudah cegah kanker dalam tayangan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.