Sukses

Banyak Teman di Media Sosial Tak Berarti Punya Banyak Sahabat

Berapa jumlah teman Anda di media sosial? Percuma banyak, karena cuma sedikit yang benar-benar ada di saat Anda sulit

Liputan6.com, Jakarta Jangan senang dulu punya banyak teman di media sosial. Dari ratusan atau ribuan jumlah teman di Twitter, Facebook, dan Path, hanya beberapa orang saja yang benar-benar ada di saat Anda sulit, sedih, dan terpuruk.

Profesor Psikologi di Inggris, Robin Dunbar, mempelajari 3375 pengguna media sosial berusia 18 sampai 65. Rata-rata mereka memiliki 150 orang teman. 4,1 persen dapat diandalkan dan 13,6 persen akan menunjukkan simpati ketika Anda tertimpa musibah.

"Ini menunjukkan, respondens yang jumlah temannya banyak tidak dapat meningkatkan jumlah sahabatnya. Semakin sedikit, akan memudahkan Anda memasukan mereka ke dalam lingkaran pertemanan atau persahabatan," kata Robin dikutip dari Times of India, Selasa (2/2/2016)

Pengguna media sosial usia muda cenderung memiliki lebih banyak teman online, sedangkan pengguna tua memiliki lebih banyak teman di kehidupan nyata. Meski media sosial memberikan Anda kesempatan komunikasi yang signifikan, waktu adalah kendala yang membatasi tatap muka Anda untuk saling berinteraksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini