Sukses

Anjing Tahu Betul Cara Balas Budi ke Majikan

Inilah alasan Anda harus bahagia memelihara anjing

Liputan6.com, Jakarta Tidak salah jika pemilik anjing rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan hidup binatang peliharaannya. Anjing tahu bagaimana cara membalas budi. Satu penelitian menemukan, anjing akan membalas semua kebaikan dan kasih sayang sang majikan lima kali lebih besar daripada kucing.

Untuk melakukan penelitian yang merupakan bagian dari film dokumenter BBC episode mendatang itu, neuroscientist dari Amerika Serikat, Paul Zak, mengambil sampel air liur 10 ekor anjing dan kucing, 10 menit sebelum keduanya bermain dengan sang majikan. Ia menguji kadar oksitosin (hormon cinta) dari anjing dan kucing yang muncul setelah mereka bermain.

Hasil penelitian menunjukkan, oksitosin pada anjing meningkat 57,2 persen, kucing hanya 12 persen. "Saya benar-benar terkejut menemukan itu. Tandanya, anjing memiliki respons bahagia yang sangat kuat," kata Paul Zak dikutip dari Times of India, Selasa (2/2/2016)

Rencanya film dokumenter "Kucing vs Anjing" akan tayang di BBC Channel pada 4 Februari 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.