Sukses

6 Phobia Aneh Ini dapat Menghambat Aktivitas Manusia

Rasa takut akan suatu hal ternyata dapat menghambat aktivitas sehari-hari manusia

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rasa takut yang melanda beberapa orang mungkin akan melemahkan kondisi pikiran serta tubuhnya. Kondisi tersebut dikenal dengan phobia. Para ilmuwan mengklaim bahwa rasa takut adalah bagian dari kebiasaan belajar yang bisa dialihkan dari otak sehingga menghasilkan emosi.

Berikut beragam bentuk phobia yang tak biasa namun mampu mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari, dikutip dari laman Listverse, ditulis Senin (01/02/2016).

1. Rasa takut terhadap ruang terbuka

Agoraphobia ialah rasa takut akan ruangan terbuka seperti berada di jalan raya atau suatu persimpangan jalan. Hal tersebut tentu saja, membuatnya sangat sulit untuk hidup nyaman di kota.

Phobia ini mencakup beberapa kategori, dimana penderita mungkin takut pada jalan raya, misalnya saat berada di pinggiran jalan satu jalur dan juga rasa takut untuk menyeberang jalan. Bahkan dengan menunjuk persimpangan jalan saja rasa takut akan dirasakan penderita phobia ini.

2. Rasa takut untuk memasak

Phobia ini disebut dengan mageirocophobia yang berasal dari kata Yunani yaitu mageirokos yang artinya orang yang ahli dalam memasak.

Gangguan ini mampu menyebabkan seseorang yang tinggal sendirian tidak akan bisa mendapatkan makanan yang sehat karena tidak bisa memasak. Penderita phobia ini dapat merasa sangat terintimidasi dengan orang-orang yang miliki keterampilan dalam memasak.

3. Rasa takut terhadap boneka

Pediophobia sebenarnya terjadi saat seseorang menganggap boneka atau robot mainan ialah suatu representasi palsu dari makhluk hidup.

Gangguan ini dapat muncul ketika boneka atau robot berbentuk serupa seperti manusia. Orang yang menolak hal ini merasakan dirinya terancam dan ketakutan akan bentuk boneka ataupun robot mainan yang serupa dengan manusia.

4. Rasa takut terhadap cermin

Phobia ini disebut dengan Eisoptrophobia. Secara khusus ketakutan ini digambarkan dengan kontak manusia antara dunia spiritual melalui cermin.

Penderita mengalami kecemasan yang berlebihan disebabkan oleh rasa ketakutan yang didasari oleh takhayul. Mereka yang menderita phobia ini merasakan kekhawatiran akan melihat nasib buruk jika memandang cermin.

5. Rasa takut terhadap ibu mertua

Phobia satu ini merupakan phobia yang cukup aneh untuk diderita sebagia orang. Pentheraphobia sebutan khusus terhadap rasa takut kepada ibu mertua.

Seperti dilaporkan Listverse, dari sekian banyak kasus phobia ini berdampak pada hubungan yang sulit mencapai tingkat harmonis. Perceraian menjadi jalan yang sering dialami oleh para penderita Pentheraphobia ini.

6. Rasa takut terhadap selai kacang dalam mulut

Trauma terhadap selai kacang yang diderita beberapa orang berkemungkinan akibat dari suatu trauma akan selai kacang yang pernah melanda diri penderita.

Salah satu penderita Arachibutyrophobia sebutan dari rasa takut ini mengaku merasakan tubuh yang mendadak berkeringat berlebihan hingga tubuh yang kejang-kejang, ketika mendapat satu suapan selai kacang dalam mulutnya. Tak hanya itu rasa gatal pada bagian permukaan atas mulut memberikan serangan panik yang menimpa penderita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini