Sukses

Kenali Ragam Gangguan Nafsu Makan Pada Remaja

Gangguan makan yang dialami remaja memiliki banyak sebab.

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan nafsu makan ialah masalah umum yang sering melanda sebagian besar anak remaja di dunia. Kehilangan nafsu makan yang mereka rasakan merupakan hilangnya minat untuk makan di beberapa waktu.

Kondisi ini amat mengkhawatirkan para orang tua, dan merupakan kerugian jangka panjang pada anak karena menyebabkan penurunan berat badan, sistem kekebalan tubuh, penurunan tingkat energi, kinerja otak yang menurun pula, hingga terserangnya beragam penyakit pada tubuh mereka.

Seperti dilansir laman Boldsky, Minggu (31/01/2016) penting untuk melakukan pengawasan ketat pada pola makan anak-anak. Kehilangan nafsu makan kadang memerlukan perhatian medis atau konseling dengan para ahli.

Ada beberapa alasan dan penyebab dari hilangnya nafsu makan para anak remaja, seperti stres hingga efek obat-obatan. Berikut lima penyebab anak kehilangan nafsu makan yang perlu diketahui orang tua:

- Stres

Stres adalah salah satu alasan utama dalam kondisi kehilangan nafsu makan pada remaja. Para anak di fase remaja sering kali mengalami kondisi tekanan dari bidang akademis, aktivitas fisik, bahkan kehilangan orang-orang yang dicintainya. Semua hal tersebut mengakibatkan kondisi stres pada anak, yang akhirnya menyebabkan hilangnya nafsu makan.

- Depresi

Bukan hanya para orang dewasa yang mampu merasakan atau menderita depresi. Remaja pun ternyata bisa mengalaminya. Salah satu gejala utama depresi ialah berkurangnya nafsu makan atau perubahan pola makan. Tak hanya itu, perubahan pola tidur, kurangnya rasa keinginan untuk melakukan kegiatan pun menjadi gejala lain dari depresi.

- Gangguan makan

Gangguan seperti anoreksia bisa menjadi salah satu gejala untuk kehilangan nafsu makan pada anak-anak. Para remaja yang mengalami gangguan makan ini berasal dari olahraga yang terlalu di forsir sehingga mengakibatkan pola makan yang tidak seimbang dengan aktivitas fisiknya.

- Penyakit

Penyakit tertentu seperti demam dan influenza juga bisa menjadi alasan utama dari kehilangan nafsu makan yang dialami anak. Jika anak terserang penyakit dan terlihat tak nafsu makan, tindakan medis harus segera dilakukan.

- Pengaruh obat

Obat-obatan juga dapat mengurangi minat anak dalam makanan. Jika anak berada di bawah pengaruh obat pada gangguan ADHD misalnya, kemungkinan besar anak akan menderita kehilangan nafsu makan yang sangat rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.