Sukses

4 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Pembersih Wajah

Saat pembersih wajah habis, biasanya seorang wanita akan beralih menggunakan tisu pembersih make up

Liputan6.com, Jakarta Saat pembersih wajah habis, biasanya seorang wanita akan beralih menggunakan tisu pembersih make up. Namun cara ini cenderung tidak nyaman karena dapat mengiritasi mata atau tidak cocok untuk jenis kulit sensitif.

Belum lagi, menurut dokter kulit yng aberbasis di New York, Dr. Maryann Mikhail, tisu pembersih tidak akan membantu membersihkan wajah sepenuhnya dan meninggalkan sisa kotoran di wajah. Dan pada kulit yang sensitif kandungan solublizers, surfaktan dan emulsifier menyebabkan kulit kering dan munculnya jerawat.

Lain kali, jangan memakai tisu untuk membersihkan wajah. Karena beberapa bahan alami yang ada di dapur ternyata bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Tak percaya? Simak penuturan Mikhail, seperti dikutip Medicaldaily, Jumat (29/1/2016) berikut ini:

1. Minyak zaitun

Bila Anda memperhatikan, banyak produk di pasar saat ini menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Minyak pada kulit akan membuat kulit lembap sehingga wajah terlihat muda, segar dan bersemangat. Namun bagi sejumlah orang, minyak tertentu malah membahayakan kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Mikhail merekomendasikan untuk menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa untuk membersihkan kulit Anda. Minyak ini juga efektif untuk mengangkat semua jenis kosmetik, dari maskara paling gelap hingga lipstik.

2. Susu

Mungkin bukan hal baru bahwa susu bagus untuk kulit. Mandi susu bahkan sudah dikenal sering dilakukan para putri dan kawangan bangsawan sejak ribuan tahun lalu.

Minum susu, bagi beberapa orang, bisa memperburuk kondisi kulit seperti jerawat dan eksim, namun menggunakannya secara topikal (dioles) akan menenangkan radang akibat jerawat.

Begitu juga dengan menggunakan susu untuk menghapus riasan. Selain mudah, susu jauh lebih murah dibandingkan harga pembersih make up yang biasa Anda beli.

Mikhail memberikan tips, ambil sekitar satu sendok makan minyak almond dan masukkan ke dalam semangkuk susu. Setelah itu, gosokkan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan bersihkan dengan kapas.

3. Mentimun

Ada banyak produk kecantikan yang menggunakan mentimun di dalamnya untuk membantu menghapus riasan. Mentimun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit iritasi atau jerawat.

Ambil satu mentimun dan blender hingga halus. Gunakan sebagai pembersih di wajah. Anda juga bisa menambahkan sedikit susu atau minyak zaitu ke dalam campurannya.

4. Yogurt

Yogurt sangat sempurna untuk menghapus riasan sekaligus meredakan kulit wajah yang terbakar akibat sinar matahari. Ambil kapas bersih, celupkan ke dalam yogurt tanpa rasa setelah itu gosokkan ke seluruh wajah Anda dalam gerakan melingkar dan bilas dengan air dingin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini