Sukses

Update: Studi Menatap Payudara Wanita Bikin Pria Lebih Sehat Ternyata Hoaks

Ilmuwan menemukan, menatap payudara wanita selama 10 menit sehari ternyata dapat meningkatkan rentang hidup Anda dalam lima tahun.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan di Jerman belum lama ini sangat menarik. Ilmuwan menemukan, menatap payudara wanita selama 10 menit sehari ternyata dapat meningkatkan rentang hidup Anda dalam lima tahun.

Seperti diberitakan Times of India, Selasa (26/1/2016), penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine itu menunjukkan, orang-orang yang kerap menatap payudara wanita bisa hidup lebih lama. Studi ini mengklaim, 10 menit melirik bagian tubuh wanita setara dengan latihan gym 30 menit.

"Temuan ini dibuat atas penilaian terhadap 200 pria selama lima tahun," tulis laman berita Sin Chew Daily dan China Press.

Dalam penelitian ini, ilmuwan mencatat, pria yang menatap payudara wanita memiliki tekanan darah lebih rendah, berisiko rendah mengalami penyakit kardiovaskular dan cenderung memiliki detak jantung yang lebih stabil.

Gerontologist Dr Karen Weatherby menjelaskan, keinginan seksual seperti menatap payudara wanita menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih baik. Hal ini juga berarti kesehatan akan terjaga. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbukti Hoaks

Temuan atau hasil studi ini ternyata tidak benar. Mengutip laman Turnbackhoax, laman hoaxes.id telah melakukan penelusuran terhadap materi artikel. Diketahui artikel tersebut adalah hasil tulisan ulang dengan sedikit perubahan yang berputar dalam dua waktu pada Tabloid Fountain of Truth dan Weekly World News (13 Mei 1997 dan 21 Maret 2000). Artikel itu semakin liar dan berkembang sehingga diterbitkan oleh banyak media online. 

Weekly World News (WWN) dikenal sebagai tabloid satir yang kerap menampilkan cerita bertema supranatural atau paranormal. Tabloid ini dihentikan peredarannya pada Agustus 2007. Sementara, studi mengenai manfaat menatap payudara wanita bagi kesehatan pria pun tak ditemukan dalam New England Journal of Medicine atau pun basis data jurnal medis lainnya. 

Lebih lanjut, Dr Karen Weatherby yang dikutip dalam artikel pun tak ditemukan profilnya dalam jurnal medis mana pun.

 

*Sebelumnya, artikel ini berjudul "Menatap Payudara Wanita Bikin Pria Lebih Sehat?". Kami melakukan pemutakhiran artikel dengan mengganti judul serta meralat isi berita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.