Sukses

Cara Atasi Rambut Rontok di Masa Kehamilan

Atasi rambut rontok tak semudah menggunakan shampoo dan conditioner saja, apalagi setelah melahirka rambut akan rontok berlebih

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok adalah masalah umum yang sering dihadapi wanita selama fase kehamilan. Pengaruh hormon yang begitu tinggi menyebabkan rambut rontok meningkat selama kehamilan.

Umumnya, rambut rontok dapat terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah gizi buruk. 

Kurangnya asupan zat besi juga dapat menyebabkan peningkatan rambut rontok. Selain itu, penyakit seperti diabetes juga menyebabkan kerontokan rambut dini pada wanita selama fase kehamilan mereka.

Ada beberapa cara untuk meminimalisir rambut rontok semasa kehamilan, seperti dilansir laman Boldsky, Jumat (22/01/2016).

1. Hindari menata rambut secara berlebihan

Wanita hamil harus menghentikan menata rambut secara berlebihan selama masa kehamilannya. Cukup dengan gunakan pengering rambut dengan daya rendah hingga sedang untuk mengeringkan rambut yang basah. Jika wanita hamil menggunakan berbagai produk rambut, hal itu malah meningkatkan risiko kerusakan rambut.

2. Menggunakan minyak rambut

Rambut membutuhkan perawatan yang tepat untuk menutrisi akarnya. Sebab itu, dengan mengoleskan minyak tertentu pada kulit kepala setidaknya dua kali dalam seminggu sebelum tidur, mampu memberikan nutrisi yang tepat bagi rambut.

3. Lakukan diet sehat

Seorang wanita harus mengkonsumsi makanan bergizi. Ini penting untuk pertumbuhan ibu dan janin. Makanan dengan vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan mampu pertahankan kesehatan rambut wanita hamil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini