Sukses

Ini Manfaat Masing-masing Jenis Kacang

Ada berbagai jenis kacang, yang terjadi memiliki manfaat dan khasiatnya masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, semua kacang-kacangan memiliki asupan kalori yang sama di setiap ons-nya. Judy Caplan, juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat mengatakan, “Kacang-kacangan memiliki kandungan Omega 3, fatty acids, protein, dan serat yang baik untuk kesehatan Anda dan juga membantu Anda mempertahankan rasa lapar lebih lama.” Almon, mede, dan pistachio adalah kacang dengan kandungan kalori paling rendah.

Namun, antara kacang dengan kalori paling rendah dan kacang dengan kalori tertinggi sekali pun hanya memiliki perbedaan sebanyak 40 kalori. Sehingga, apabila di konsumsi secukupnya, kacang tetap merupakan makanan yang baik untuk Anda.

Mengingat jenisnya yang beragam, seperti dilansir dari Health, Selasa (19/01/2016), setiap jenis kacang memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan Anda.

1. Kacang yang baik bagi kesehatan jantung

Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung, maka kacang yang paling tepat untuk Anda adalah walnut. Walaupun semua kacang memiliki kandungan Omega-3 yang baik bagi jantung, walnut memiliki kandungan yang lebih unggul karena kaya akan alpha linoleic acid (ALA).

Riset menunjukkan bahwa ALA memiliki kemampuan untuk membantu mereka yang mengalami arrhythmias pada jantung. Sedangkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 di Spanyol menyatakan bahwa walnut sama ampuhnya dengan minyak zaitun dalam hal mengurangi inflamasi dan oksidasi pada arteri yang biasanya timbul setelah Anda makan makanan berlemak.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, usahakan untuk memakan 8 butir walnut setiap harinya.

2. Kacang yang baik bagi kesehatan otak

Kacang tanah kaya akan asam folat yang baik bagi kesehatan otak Anda. Cukup asupan asam folat akan melindungi Anda dari penurunan fungsi kognitif otak. Asam folat juga sangat baik bagi ibu hamil karena selain membantu perkembangan otak bayi, asam folat juga akan melindungi bayi dari cacat lahir.

Seperti kacang-kacangan yang lain, kacang tanah juga kaya akan lemak penguat kerja otak dan juga vitamin E. Kacang tanah juga menu yang ideal untuk vegetarian, yang rentan untuk kekurangan asupan asam folat pada makanannya. Untuk mendapatkan asupan dan manfaat ideal, cobalah untuk mengonsumsi 19 butir kacang tanah yang sudah dikupas setiap harinya.

3. Kacang yang baik untuk pencegahan penyakit

Almond adalah kacang yang paling baik untuk kesehatan Anda, karena selain memiliki kalori yang paling rendah, almond juga kaya akan kalsium, vitamin E, dan serat. Kandungan anti-oksidannya yang kaya menjadikan almond sebagai obat mujarab melawat inflamasi dan kemungkinan penyakit lainnya seperti kanker paru-paru, dan penyakit yang disebabkan oleh usia lanjut.

4. Kacang yang paling baik untuk pria

Kacang-kacangan dari Brazil memiliki keunggulan tersendiri, yaitu kandungan selenium yang tinggi. Selenium baik bagi kaum pria karena dapat membantu mencegah kanker prostat. Hebatnya lagi, cukup satu butir kacang krim Brazil sudah dapat memenuhi kebutuhan selenium Anda untuk satu hari. Pastikan Anda tidak mengonsumsi kacang ini terlalu banyak, karena akan membuat Anda rentan terkena diabetes tipe 2.

Selain kacang krim Brazil, pecan juga baik untuk Anda para pria, karena kacang ini kaya akan beta-sitosterol, yaitu steroids alami yang bisa mencegah pembengkakan pada kelenjar prostat Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.