Sukses

Adakah Risiko Menjalin Hubungan dengan Seorang Introvert?

Ada beberapa studi yang menerangkan dampak positif dan negatif menjalin hubungan dengan pribadi introvert

 

Liputan6.com, Jakarta Seseorang yang memiliki kepribadian cenderung tertutup dikenal dengan sebutan Introvert. Di mana para individu ini cenderung memilih untuk menyendiri dan kurang bersosialisasi.

Mereka bukanlah seorang yang anti-sosial tetapi mereka hanya saja membatasi pergaulan mereka. Hal tersebut yang menyebabkan orang berkepribadian introvert sulit untuk menemukan pasangan hidupnya. Saat seseorang memilih pasangan hidupnya mereka pasti akan mengenali pribadi pasangannya.

Saat menemukan pasangan dengan pribadi introvert akankah hubungan akan bertahan dan berjalan normal?

Seperti dilansir Psychology Today, Senin (18/01/2016) seorang introvert memiliki karakteristik pada sikap acuh tak acuh dan terbukti dapat mengganggu keadaan hubungan karena sulit untuk memberikan dan menerima suatu kebutuhan. Suatu penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang introvert sulit untuk diterka saat mereka sedang berada pada kondisi stres.

Hal tersebut menyebabkan inidividu introvert kurang bisa memberikan dukungan pada pasangannya saat dibutuhkan. 

John Malouff seorang psikologi di Australia, melakukan studi dan menemukan hubungan antara kepribadian dan kepuasa pasangan heteroseksual yang diuji dari 3900 peserta. Studi mengatakan, pribadi introvert lebih tidak memiliki hubungan juga kepuasan yang baik, dibandingkan dengan hubungan pasangan yang bukan berasal dari pribadi yang introvert.

Singkatnya tidak ada alasan untuk menjalani hubungan dengan individu introvert, karena bagaimana pun hubungan bergantung pada sejauh mana masing-masing indivdiu merasakan kenyamanan dari tingkat emosional dan sensitivitas (kepekaan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini