Sukses

Wafat, Alan Rickman Dianggap sebagai Pemilik Suara Sempurna

Menutup usia hari ini Kamis (14/1/2016) di usia 69 tahun, aktor dan bintang teater Alan Rickman tentu akan dirindukan.

Liputan6.com, Jakarta Menutup usia kemarin, Kamis (14/1/2016), di usia 69 tahun, aktor dan bintang teater Inggris Alan Rickman tentu akan dirindukan. Walau sudah cukup lama berkiprah di panggung teater, nama Alan Rickman pertama kali mencuri perhatian publik saat berperan sebagai penjahat dan teroris bernama Hans Gruber dalam film Die Hard (1988).

Film pertama Rickman, Die Hard, dibintangi saat usianya 41 tahun. Walau bisa dibilang terlambat meraih ketenaran, mendiang Alan Rickman memiliki sekumpulan fans setia yang berusia muda berkat perannya dalam film Harry Potter. Memerankan Profesor Snape yang misterius dan bernasib malang membuat Alan Rickman digilai oleh para pencinta serial penyihir karangan JK Rowling ini.

Namun, di balik semua perannya itu, baik itu film atau teater, aktor bernama lengkap Alan Sidney Patrick Rickman ini memiliki kualitas lain yang membuatnya unik: suaranya yang berat dan khas.

Suara Alan Rickman, yang kemudian sering dibandingkan dengan suara aktor asal Inggris lainnya, Benedict Cumberbatch, memang sangat istimewa. Tak hanya dicintai oleh fansnya, suara Rickman bahkan disebut sebagai formula suara pria sempurna oleh para peneliti.

Sebuah studi, dikutip dari The Guardian, ditulis Jumat (15/1/2016), yang dilakukan oleh profesor linguistik Andrew Linn, sound engineer Shannon Harris, dan penyanyi Lily Allen, berusaha untuk merumuskan suara sempurna dari pria dan wanita.

Studi ini dilakukan dengan cara meminta para pesertanya untuk menilai 50 suara yang kemudian dianalisis. Hasil dari studi ini mewakilkan paduan nada yang paling menyenangkan untuk didengar, kecepatan berbicara, frekuensi per menit, dan intonasi. Suara ideal ternyata berbicara tak lebih dari 164 kata per menit dan berhenti selama 0,48 detik per kalimat.

Hasil dari penelitian ini, suara laki-laki sempurna adalah gabungan dari suara Alan Rickman, Jeremy Irons, dan Michael Gambon (pemeran Albus Dumbledore dalam Harry Potter).

Jika Anda ingin mendengarkan bagaimana suara sempurna tersebut, di sini contohnya: Suara sempurna pria (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini