Sukses

Pria Tertua di Dunia Capai Usia 131 Tahun

Seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengkalim dirinya sebagai pria tertua di dunia

Liputan6.com, Jakarta Seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengkalim dirinya sebagai pria tertua di dunia karena usianya mencapai 131 tahun. Pria asal Brasil ini kini hidup dengan istrinya yang berusia 69 tahun lebih muda.

Laman berita The Sun, Kamis (14/1/2016) melaporkan, Joao Coelho de Souza tidak berbohong, dia menunjukkan akta kelahiran pada seorang pekerja sosial. Di situ tertulis, dia lahir pada 10 maret 1884 di Meruoca, di negara bagian Ceara.

Kennedy Afonso / Facebook

"Saya kaget, karena saya sedang mencocokkan data pensiunan dan ternyata Joao masih hidup," kata petugas sosial, Kennedy Afonso pada wartawan.

Ayah tiga anak tersebut, kata dia, tinggal bersama istrinya dan 16 cucunya. Salah satu puterinya berusia 30 tahun, itu artinya Joao berusia 101 tahun. 

Tak menunggu lama, Afonso pun memposting foto dirinya dan Joao ke jejaring sosial Facebook dan meminta pemerintah setempat untuk mendaftarkan Joao ke Guinness World Records.

"Jika tanggal pada akte kelahirannya benar, Joao dapat memecahkan rekor untuk pria yang hidup paling lama di dunia," ungkapnya. Setelah sebelumnya Guinness World Records mencatat orang tertua di dunia yaitu Yasutaro Koide, Jepang berusia 112 tahun. Dan Jeanne Calment dari Prancis yang tutup usia dalam 122 tahun pada 1997.

Putrinya Cirlene Souza mengatakan kepada surat kabar Brasil, ayahnya telah pikun dan tidak ingat anak-anaknya. "Banyak orang berpikir, ayah berbohong namun kini mereka mengagumi fakta kalau seseorang dapat hidup begitu lama."

Kepikunannya, kata Souza, mungkin karena Joao menderita stroke enam tahun lalu. Meski begitu, dia memiliki nafsu makan yang baik. Hidangan favoritnya itu seperti nasi, ikan dan daging dan kacang lokal bernama feijao.

"Saya mendorong pemerintah pemerintah daerah di Sena Madureira untuk menentukan apakah ini benar sehingga mereka bisa memiliki tempat di Guinness Book of Records untuk pria tertua di bumi dan dari wilayah kami," pungkas Afonso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.