Sukses

Kulit Tubuh Bayi Ini Berbintik-bintik Hitam Seperti Dalmatian

Seorang bayi lahir dengan kondisi penyakit langka kembali lahir di Cina.

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi perempuan lahir dengan kondisi penyakit langka di Cina. Wu Zimiao, memiliki bintik-bintik hitam (mol) seperti jenis anjing Dalmatian di seluruh tubuhnya.  

Seperti dimuat laman The Sun, Kamis (14/1/2016) orangtua bayi tersebut kini tengah mengumpulkan dana untuk biaya perawatan laser. Karena dikhawatirkan, jumlah bintik hitamnya terus bertambah dan menutupi sebagian besar permukaan kulitnya.

Menurut dokter setempat, bayi yang kini berusia dua bulan tersebut mengalami kondisi langka yang disebut melanositik nevus, semacam tanda lahir yang dialami sekitar satu persen bayi seluruh dunia. Kemungkinan ada mutasi pada sel-sel tubuhnya selama perkembangan embrio awal dan belum ada cara untuk mencegahnya.

"Mol tidak menyebabkan rasa sakit fisik. Namun seringkali memicu masalah psikososial di kemudian hari," kata ayah Zimiao, Wu Xianpo. Menurutnya, kondisi seperti ini tidak pernah ia lihat sebelumnya. Namun dia lega mendengar kondisi ini dapat diobati. 

Wu Zimiao's rare skin condition

Bintik hitam pada kulit Zimiao paling terlihat di bahu kiri dan lengan kanan serta kepalanya. Keluarganya dari Xinyi Township, China utara, kini berusaha keras untuk mengumpulkan dana hingga Rp 1 miliar untuk perawatan laser.

"Jumlah uang sebesar Rp 1 miliar mungkin sulit untuk pekerja migran seperti saya. Istri saya juga hanya bekerja di peternakan. Namun saya bersumpah akan melakukan apapun untuk memberikan puteri saya masa depan yang normal," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini