Sukses

Cara Mudah Bersihkan Kotoran Telinga Tanpa Cotton Bud

Para dokter mungkin akan melarang kita untuk membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Begini cara mudahnya.

Liputan6.com, Jakarta Para dokter mungkin akan melarang kita untuk membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Begitupun dengan rekomendasi Badan Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS) yang menyebutkan bahaya penggunaan cotton bud.

"Cotton bud dapat merusak telinga dan mendorong kotoran masuk ke dalam," tulis NHS, seperti diberitakan The Sun, Sabtu (9/1/2016).

Selain menggunakan hidrogen peroksida, Dr David Hill dari American Academy of Pediatri mengungkap cara mudah lain untuk membersihkan telinga. Dia mengatakan, campuran cuka dan alkohol murni efektif mengeluarkan kotoran telinga.

"Masukkan beberapa tetes cuka putih, kemudian campur dengan alhohol murni (95%-100%) yg biasa disebut etil alkohol atau etanol (C2H5OH). Setelah itu, tuangkan satu sendok teh cairan ke telinga Anda dan memiringkan kepala pada satu sisi. Tahan cairan di telinga selama satu menit sebelum duduk kembali. Campuran ini membantu mengangkat kotoran telinga tanpa mendorong salah satu bakteri masuk jauh ke dalam saluran telinga," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.