Sukses

Lakukan 5 Langkah Ini untuk Cegah Pertumbuhan Jamur Kuku

Hanya dengan memotong kuku kita tak bisa memastikan jika kuku berada dalam keadaan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Jamur pada kuku dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang cukup buruk jika tak segera ditangani. Perawatan kuku tak sekadar dengan cara memotongnya secara rutin untuk menjaga kebersihannya, namun ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur kuku serta infeksi.

Seperti ditulis Prevention, Selasa (12/01/2016) berikut langkah-langkah sederhana untuk menghindari kuku tangan dan kaki dari jamur.

1. Perhatikan perubahan pada kuku
Infeksi yang terjadi pada kuku terjadi ketika adanya titik-titik berwarna kuning atau putih pada ujung kuku. Selain itu tempat lembap di bawah kuku menjadi posisi tepat untuk jamur bebas berkembang biak.

Jika perubahan warna dan tekstur pada kuku mulai dirasa tidak normal, segeralah kunjungi dokter untuk mendapat penanganan.

2. Keringkan bagian kuku tangan dan kaki kapanpun
Seusai mandi usahakan mengeringkan bagian tangan dan kaki hingga kering. Jika keadaan kuku tangan dan kaki selalu basah dan lembap, kemungkinan besar jamur dapat berkembang.

Para wanita yang menggunakan stocking pastikan untuk menaburkan bubuk antibakteri semalaman sebelum memakainya di pagi hari, dengan penggunaan bahan tersebut jamur tak akan bertahan hidup di bagian kaki Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kebersihan Kaus Kaki, dan Hindarkan Salon Kuku

3. Cuci kaus kaki secara rutin
Teresa G. Conroy seorang dokter Podiatric dari Philadelphia menyarankan untuk merendam larutan disinfektan (bahan kimia yang digunakan untuk membasmi kuman), selama beberapa menit sebelum mencuci seluruh kaus kaki yang Anda miliki.

4. Rajin merendam kuku kaki dan tangan
Sela-sela atau bagian pinggir dari kuku tidak bisa dibersihkan menggunakan alat saja. Untuk membersihkannya Anda perlu merendam kuku tangan dan kaki dalam larutan asam, karena jamur tidak dapat hidup dalam lingkungan asam. Hal itu dapat mencegah jamur pada kuku tangan dan kaki Anda.

Untuk perawatan kaki, cara selanjutnya bisa digunakan dengan merendam kaki selama 5 hingga 10 menit dengan campuran 2 sendok teh garam dalam air hangat, saran ahli bedah podiatric Suzanne M, Levine.

5. Jangan sering ke salon kuku
Alat yang digunakan salon kuku cenderung tak terjamin kebersihannya. Namun jika Anda tidak terbiasa membersihkan kuku sendiri pergilah ke salon kuku yang memiliki sertifikat kesehatan terbaru untuk memastikan bahwa salon tersebut benar-benar bertanggung jawab atas jasa yang mereka jual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.