Sukses

Ini Efek Obesitas terhadap Pertumbuhan Anak

Studi ini menunjukkan bahwa lemak berlebih pada anak obesitas dapat mengganggu pertumbuhan tulangnya dan berefek bahaya.

Liputan6.com, Jakarta Studi baru menunjukkan bahwa kelebihan lemak tubuh dapat mengganggu pertumbuhan tulang pada anak.

Pemimpin studi, Joseph Kindler mengatakan, "Merupakan pemahaman umum untuk anak-anak bahwa otot merupakan penentu yang sangat kuat saat tulang masih bertumbuh. Anak-anak obesitas cenderung memiliki banyak otot, dan kami menduga bahwa mereka akan memiliki kemungkinan besar tulang yang kuat," jelasnya dalam laman Parents, ditulis Selasa (5/1/2016).

Kindler dan tim menerbitkan temuan ini untuk memberikan informasi terbaru mengenai bagaimana geometri tulang pada anak dan remaja, berpengaruh terhadap kekuatan otot para anak di saat pertumbuhannya.

Tujuan utama dari penelitian ini untuk memahami kondisi terkait obesitas tipe 2 yang dapat mempengaruhi pertumbuhan otot dan tulang pada anak akibat peran lemak pada tubuh mereka.

Peneliti menemukan bahwa otot merupakan penyokong yang kuat untuk pertumbuhan tulang anak. Namun hubungan ini berbeda penerapannya dengan anak-anak obesitas. Hal itu karena lemak yang berlebih dapat tersimpan di dalam otot yang memiliki efek pada pertumbuhan tulang anak.

Kindler menyarankan agar semua anak menjalani gaya hidup sehat dan melalui diet yang tepat dengan berolahraga, untuk mencegah obesitas saat masa pertumbuhannya.

Kajian ini diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Endocrinology, Diabetes dan Obesity.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.