Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Faktor Ketertarikan Terhadap Pasangan Sepanjang Masa

Ketertarikan seorang terhadap pasangannya tidak hanya saat pertama kali jumpa, namun saat lanjut usia para pasangan tetap merasakannya.

Liputan6.com, Jakarta Ketertarikan seseorang terhadap pasangannya seringkali bukan hanya dari segi fisik semata. Studi baru mengungkapkan bahwa faktor seperti aroma tubuh yang khas, bentuk wajah, nada suara, cara berciuman juga menentukan seseorang tertarik pada pasangannya hingga lanjut usia.

Berikut seperti dilansir dari laman oprah.com terdapat beberapa elemen dari alasan ketertarikan seseorang terhadap pasangannya, Kamis (31/12/2015).

1. Aroma khas

Ternyata hal-hal ini yang harus kamu tahu berkenaan dengan aroma tubuh,

Aroma atau bau khas pada tubuh pasangan biasanya terdapat di bagian pergelangan tangan, belakang telinga, atau leher. Beberapa orang memakai lotion atau wangi-wangian untuk menghadirkan aroma badan yang bervariasi. Namun beberapa orang mengatakan bahwa aroma khas menjadi salah satu faktor yang memengaruhi ketertarikan terhadap pasangannya.

Karl Grammer and Elizabeth Oberzaucher mempelajari bagaimana pengaruh aroma manusia yang berhubungan dengan ketertarikan secara seksual. Mereka menemukan bahwa aroma badan wanita berpengaruh meningkatkan kadar testosteron pria.

Sedangkan pada wanita, mereka lebih tertarik pada wangi yang ada pada baju atau kemeja yang dikenakan pria, ujar Dr. Laura Berman seorang terapis seks, sekaligus pemandu salah satu acara Oprah Winfrey. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nada suara dan bentuk wajah

2. Nada suara

Ketertarikan pria terhadap wanita juga dipengaruhi oleh nada atau tone suara. Dalam suatu percobaan Dr. Gordon Gallup seorang profesor di New York State University di Albany, meminta 10 pria untuk menilai daya tarik dari 10 perempuan. Hasilnya para pria lebih menyukai suara yang bernada tinggi dari para perempuan tersebut.

3. Bentuk wajah

Berikut 10 aktris tercantik yang mendominasi dunia fashion dan entertainment di Korea Selatan.

Sulit untuk menentukan bagian mana yang membedakan dari ribuan wajah cantik di muka bumi ini. Namun seorang peneliti mampu mendapatkan perbedaan dengan memperhatikannya cukup dekat.

Dr. Lisa DeBruine seorang psikolog dari University of Aberdeen di Skotlandia mengatakan ia menemukan bagian wajah wanita yang dapat menarik perhatian pria. "Kami berpikir bahwa wanita yang sehat tampak bercahaya di saat mereka berovulasi," kata Dr DeBruine.

Simetri adalah faktor lain yang menentukan daya tarik wajah. Dr. Kendra Schmid, asisten profesor biostatistik di University of Nebraska Medical Center mengatakan, ada persamaan untuk wajah yang "sempurna". Dia menggunakan 29 pengukuran wajah yang berbeda, untuk menentukan daya tarik seseorang mulai skala 1 sampai 10.

Kebanyakan orang menilai sekitar 4 sampai 6. "Tidak pernah ada orang yang sempurna dan mencapai penilaian 10," ujar Dr Schmid.

3 dari 3 halaman

Uang dan ciuman

4. Faktor keuangan

Suatu studi menemukan bahwa pria yang memiliki pendapatan dan uang yang lebih banyak akan membuat seorang wanita memberikan penilaian yang lebih terhadap pria tersebut.

Hal ini bukan berarti wanita hanya melihat harta saja, namun Dr. Berman menjelaskan hal ini terkait dengan pertimbangan wanita terhadap masa depan. Misalnya, ketika pasangan tersebut memiliki bayi, maka mereka harus bisa memberi kehidupan yang layak bagi anak-anak mereka dan itu membutuhkan dana yang cukup besar.

5. Berciuman

Menurut para ahli, ciuman terbaik bisa jadi penentu hubungan Anda di masa depan.

Dr Berman mengatakan 66 persen wanita bisa memutuskan akan tetap menjalin hubungan dengan seorang pria atau tidak saat pertama kali berciuman. Mereka bisa mencampakan pria tersebut karena alasan si pria pencium yang buruk.

Frekuensi berciuman merupakan indikator langsung dari kebahagiaan. Pasangan yang berciuman dan berpelukan teratur sebanyak delapan kali, lebih mungkin untuk menanggulangi keadaan stres dan depresi daripada pasangan yang tidak berciuman sama sekali.

"Jadi Anda harus berciuman minimal 10 detik setiap hari," jelas Dr Berman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.