Sukses

Cegah dan Atasi Anemia pada Bayi dengan Cara Ini

Anemia tak hanya menyerang orang dewasa, namun para bayi pun dapat mengalaminya. Cegah dan atasi anemia bayi dengan konsumsi makanan ini

Liputan6.com, Jakarta Anemia adalah masalah kesehatan umum pada setiap manusia, tak terkecuali pada bayi. Hal tersebut dapat mematikan dan bila tidak diatasi dengan cepat dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ketika bayi tidak mendapatkan makanan bergizi dan kekurangan nutrisi tertentu, maka kemungkinan besar mereka dapat menjadi korban anemia. Hal itu memang bukan satu-satunya alasan seorang bayi dapat mengalami anemia, beberapa alasan lain seperti genetika atau penyerapan zat besi yang buruk menjadi penyebab.

Bayi berumur 9 bulan dan 24 bulan sangat rentan terhadap anemia. Jika masalah ini didiagnosis sejak awal, maka pengobatan bisa lebih mudah dan juga dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan lainnya.

Ada berbagai cara untuk mengobati anemia pada bayi seperti yang dikutip dari laman Boldsky, Rabu (30/12/2015) sebagai berikut:

Meningkatkan zat besi

Air susu ibu (ASI) kaya akan kandungan zat besi, sehingga menyusui bayi dengan ASI sang ibu dapat mengurangi risiko anemia. Selain itu, memberikan makanan bayi yang kaya kandungan zat besi seperti sereal, kuning telur, kacang-kacangan, dan ayam bisa mengatasi anemia. 

Sertakan buah kaya vitamin c

Memberikan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C kepada sang bayi, seperti jambu biji, kiwi, avokad, bayam, mangga, jeruk dan sayuran berdaun hijau membantu bayi dalam menyerap zat besi yang tepat untuk tubuhnya.

Berikan si kecil delima

Delima merupakan sumber yang kaya zat besi dan mineral. Delima juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Ini adalah salah satu makanan yang terbaik dan juga berfungsi sebagai obat alami untuk mengobati anemia. Sebagian besar bayi yang diberikan jus buah delima dapat membantu anemia lekas pergi dari tubuh si kecil.

Pemanis buatan alami kaya zat besi (Jaggery)

Mengonsumsi jaggery yang kaya akan zat besi setiap hari dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan mengurangi risiko anemia pada bayi. Jaggery itu sendiri berasal dari hasil konsentrasi tebu berbentuk padat seperti gula merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.