Sukses

Tidur Miring ke Kiri Mudah Alami Mimpi Buruk, Benarkah?

Sekitar 41 persen orang yang tidur menghadap kiri melaporkan alami mimpi buruk.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi tidur seperti apa yang Anda sukai? Jika Anda sering tidur menyamping arah kiri bisa jadi Anda lebih sering alami mimpi buruk daripada mereka yang ke arah kanan. Hal ini berdasarkan studi kecil dari Istanbul Medipol University, Turki.

Studi ini memang hanya melibatkan 63 orang, sekitar 41 orang diantaranya tidur menghadap kanan sementara 22 orang menghadap kiri. Lalu, 41 persen orang yang tidur menghadap kiri melaporkan alami mimpi buruk sementara yang tidur menghadap kanan hanya 15 persen yang melaporkan kondisi tersebut.

"Sedangkan jika menghadap kanan, berdasarkan temuan kami, lebih merasakan emosi yang positif seperti bahagia, semangat, kegembiraan, nyaman dan dicintai," terang peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam Sleep and Hypnosis, ditulis Selasa (29/12/2015).

Namun sayangnya peneliti tidak menemukan data keterkaitan karakteristik mimpi dan posisi tidur dari aneka berbagai literatur.

Lalu peneliti juga tekankan ada keterbatasan dalam studi ini. Pertama jumlah partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sedikit lalu kesimpulan ini berdasarkan laporan pribadi sehingga subjektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini