Sukses

Tiga Jenis Ikan ini Disebut Sebagai Obat Tidur Alami

Benarkah tiga jenis ikan ini membuat tidur seseorang lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Salmon, makarel, dan herring merupakan tiga jenis ikan berminyak yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin oleh individu pengidap insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Tak hanya mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, ketiga jenis ikan ini membantu seseorang tidur lebih nyenyak dan bangun di pagi hari dalam keadaan segar.

Temuan yang tercantum di dalam Journal of Sleep Medicine, pria dan wanita paruh baya yang mengonsumsi salmon, makarel, dan herring dengan porsi yang lebih banyak beberapa kali dalam seminggu, diketahui memiliki kualitas tidur yang baik ketimbang mereka yang sedikit sekali mengonsumsinya.

 

Kemungkinan besar penyebabnya karena kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin D yang membantu seseorang untuk terlelap di malam hari.

Meski peneliti dari Universitas Oxford mengungkapkan mengonsumsi kapsul minyak ikan atau rutin mengonsumsi ikan membuat tidur seorang jauh lebih baik, namun mantan kepala Sleep Research Centre di Loughborough University, Profesor Jim Horne memertanyakan temuan ini.

Menurutnya, kaitan antara menyantap ikan sehari-hari dengan kualitas tidur yang lebih baik atau buruk relatif kecil. Sebab, pola tidur seseorang tidak selalu sama. Belum lagi jika dihadapkan dengan permasalahan yang ditemukan di kehidupan sehari-hari.

"Saya mempertanyakan apakah temuan ini secara klinis signifikan atau tidak," kata dia dikutip dari situs Daily Mail, Sabtu (26/12/2015)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini