Sukses

Cukur Bulu di Sekitar Payudara, Berbahayakah?

Tak hanya di lengan atau kaki, folikel rambut atau bulu juga bisa tumbuh di sekitar areola atau bagian gelap dibawah puting

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya di lengan atau kaki, folikel rambut atau bulu juga bisa tumbuh di sekitar areola atau bagian gelap di bawah puting. Lantas, apakah bahaya bila bulu dicabut?

Dermatolog di New York, Lance Brown, MD sebelumnya menerangkan, seluruh bagian tubuh kita ini memiliki bulu dan kelenjar minyak, termasuk di puting, lobus telinga, dagu atau pusar. Jadi jangan heran apabila bulu tumbuh di sekitarnya.

"Sekitar 50 juta folikel rambut yang menutupi tubuh Anda. Seperlima diantaranya tumbuh di kulit kepala dan sisanya di tempat lain secara acak," katanya, seperti dikutip Prevention, Sabtu(19/12/2015).

Penyebab tumbuhnya bulu berlebihan ini bisa terjadi karena fluktuasi hormonal atau obat-obatan tertentu seperti testosteron, danazol, steroid anabolik, glukokortikoid, siklosporin, minoxidil, dan fenitoin. Bulu yang tumbuh berlebihan disebut juga hirsutisme, bisa terjadi karena genetik atau memiliki kondisi Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Jadi apakah akan menimbulkan masalah ketika kita ingin mencabutnya? Lance mengatakan, kabar baiknya bulu yang tumbuh bukan merupakan gejala penyakit tertentu sehingga Anda boleh saja mencabutnya. Tentu, pilihan shaving atau waxing akan lebih tepat untuk bulu di perut atau dagu. Namun Lance sendiri merekomendasikan prosedur laser hair removal agar tahan lama dan mengurangi waktu untuk bercukur. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.