Sukses

Baiknya Gunakan Gadget Hanya 2 Jam Sehari, Kenapa?

Inilah pembatasan gadget sesuai usia

Liputan6.com, Jakarta Pembatasan penggunaan gawai tidak mengenal usia. Anak berumur enam tahun sampai orang dewasa hanya boleh bermain gadget, termasuk menonton televisi, selama dua jam saja.

"Nonton 30 menit, habis nonton bisa buka Youtube 30 menit, lalu main games 30 menit, dan buka internet 30 menit. Itu berlaku sampai usia dewasa. Jadi, jangan mentang-mentang orang dewasa boleh main seharian," kata Psikolog Klinis Rosdiana Setyaningrum ditulis Health Liputan6.com pada Minggu (20/12/2015)

Makanya, film yang tayang di bioskop tidak pernah berdurasi lebih dari dua jam. Karena memang lebih dari itu tidak baik untuk kesehatan.

Sedangkan anak berusia dua sampai lima harus dibiasakan hanya satu jam saja. Sisanya suruh mereka bergerak dan bermain aktif. "Untuk anak di bawah usia satu tidak boleh sama sekali. Nonton juga tidak boleh karena akan memengaruhi fokus mereka ketika besar," kata Rosdiana menambahkan.

Bermain dan membiarkan fisik bergerak aktif di usia 0 sampai 5 baik untuk perkembangan otak bagian kanan dan kirinya. Begitu anak masuk SD, olahraga yang dilakukan harus seimbang dan berkualitas.

"Maksudnya, biarkan dia bermain bola basket, berenang, dan olahraga yang membuat mereka belajar adaptasi dan mengenal yang namanya aturan," kata dia menekankan.

Sebenarnya, lanjut dia, anak-anak secara naluri senang bergerak. Hanya saja terkadang orang dewasa tanpa disadari suka mematikan naluri mereka. Dari kecil anak sudah suka berlari-lari. Karena orangtuanya tidak bugar dan tidak mampu mengikuti sang anak, mereka menyuruh buah hatinya bermain gadget saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.