Sukses

Sering Buang Angin Pertanda Anda Sehat

Menurut pakar kesehatan, sering buang angin sebenarnya adalah sebagai tanda Anda mempunyai kesehatan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Menurut pakar kesehatan, sering buang angin sebenarnya adalah sebagai tanda Anda mempunyai kesehatan yang baik, sama dengan arti dari buang angin akan mencegah Anda menjadi kembung.

"Kami melihat orang-orang yang memakan gandum menjadi lebih kembung dan beberapa kali mengeluarkan angin/udara sepanjang hari,” ujar penggagas penelitian, Stine Vulholm dari University of Copenhagen, Denmark, seperti dikutip oleh Daily Mail, ditulis Kamis, 17/12/2015.  "Namun mereka yang tidak memakan gandum, merasa lebih kembung dan letih pada periode yang sama,” tambahnya.

Makanan dari gandum berarti mengandung semua bagian penting dan kandungan alami yang terdapat pada keseluruhan biji gandum. Pada makanan non-gandum utuh, sekam dan bagian lain dari gandum, yang mengandung serat dan vitamin, disingkirkan.

Pada studi saat ini, para peneliti merekrut 75 partisipan untuk menganalisa efek gandum utuh pada usus.

Beberapa produk pengganti gandum utuh dibandingkan dengan kelompok yang dikontrol untuk memakan makanan non-gandum utuh. Mereka yang mengkonsumsi gandum utuh menyadari bahwa makanan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati usus dibandingkan dengan mereka yang tidak memakan gandum.

Vulholm mengatakan bahwa sering buang air ke toilet memang tidak terdengar mengenakkan namun sebenernya itu merupakan tanda kesehatan yang baik.

"Mungkin secara sosial tidak nyaman, namun buang angin adalah pertanda baik bagi tubuh. Jika Anda tidak bisa membuang angin yang berada di usus hal ini bisa menyebabkan nyeri pada perut dan membuat Anda merasa kembung,” ujar para peneliti.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi gandum utuh bisa menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 serta bisa menjaga berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini