Sukses

Begini Ternyata Cara Bikin Kapsul Plasenta Sendiri

Meski sejumlah ahli telah menyatakan belum ada manfaat pasti dari plasenta, namun para ibu masih percaya hal ini menguntungkan kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Meski sejumlah ahli telah menyatakan belum ada manfaat pasti dari plasenta, namun para ibu di Amerika percaya hal ini menguntungkan bagi kesehatan. Tak terkecuali bintang reality show Kim Kardashian yang memamerkan pil plasentanya pada publik.

Pada laman Babycenter, kami menemukan cara pembuatan kapsul plasenta yang ternyata dapat dibuat sendiri di rumah. Adalah Samantha yang ingin membuat kapsul plasentanya sejak dia melahirkan buah hatinya, Zack.

"Makan plasenta dapat membantu pemulihan dan menangkal baby blues. Tidak ada bukti ilmiah, tapi saya pikir perlu dicoba," katanya, Selasa (15/12/2015).

Berikut ini Samantha mengungkapkan langkah-langkah pembuatan pil plasenta:

1. Plasenta yang disimpan di lemari pendingin dikeluarkan dan dibiarkan airnya mencair. Kemudian dicuci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kukus plasenta

2. Kukus plasenta hingga berwarna kecokelatan

3 dari 5 halaman

Potong-potong

3. Potong-potong dan masukkan ke oven hingga kering

4 dari 5 halaman

Blender hingga halus

4. Hancurkan potongan plasenta menggunakan blender hingga halus

5 dari 5 halaman

Bungkus dengan kapsul

5. Bungkus plasenta seperti kapsul-kapsul

Beberapa mengonsumsi pil plasenta, kata Samantha, dia merasa lebih baik. "Saya jadi lebih energik, jarang marah, tidur nyenyak, memiliki banyak susu dan lebih bahagia."

Sebelumnya, tim peneliti yang dikepalai oleh Dr. Crystal T. Clark, meninjau kurang lebih 10 penelitian serupa mengenai plasenta, 4 pada manusia dan 6 sisanya pada hewan. Dia mengatakan, plasenta adalah bagian tubuh yang sifatnya tidak steril, dan berpotensi mengandung bakteri di antaranya selenium, kadmium, serta merkuri yang membahayakan kesehatan jika dikonsumsi.

Dalam uji coba teorinya, mereka tidak menemukan adanya bukti bahwa konsumsi plasenta bisa mengurangi rasa sakit dan depresi pascamelahirkan, menambah zat besi, termasuk manfaat-manfaat lainnya bagi tubuh. Semua manfaat kesehatan itu tidak terbukti.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.