Sukses

Maret, Ahok Terserang DBD dan Olga Syahputra Tutup Usia

Selain kabar dari Gubernur DKI dan komedian Olga Syahputra, masyarakat juga menaruh perhatian pada BPJS Kesehatan untuk anak di bulan Maret.

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang Maret 2015, masyarakat Indonesia tak henti-hentinya mendapat kabar duka dan memprihatinkan dari dua tokoh masyarakat negeri ini. Kejadian ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan dan datangnya maut hanya Dia yang punya kuasa.

Demam Berdarah yang sempat menyerang beberapa daerah di Indonesia juga turut menyerang Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau akrab disapa Ahok. Pria yang selama ini dikenal kuat dan tangguh, blusukan ke sana ke mari, terpuruk karena terserang demam berdarah dengue (DBD). Di penghujung bulan itu, pelawak Indonesia Olga Syahputra yang koma hampir satu tahun meninggal dunia di rumah sakit Mount Elizabeth Singapura karena penyakit meningitis.

Selain kabar dari Gubernur DKI dan komedian Olga Syahputra, masyarakat juga menaruh perhatian pada BPJS Kesehatan untuk anak di bulan Maret tahun ini.

Berikut kaleidoskop pada Maret 2015:

1. Ahok pun Tak Luput dari Serangan Demam Berdarah yang Melanda DKI

Nyamuk pembawa virus Dengue biasanya mengigit daerah kaki. Karena itu, keluarlah dengan mengenakan celana panjang.

Setelah sempat dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) di beberapa daerah Indonesia, Demam Berdarah kini justru menyerang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok terjangkit DBD diketahui dari wakilnya Djarot Saiful Hidayat. Ahok terjangkit di rumahnya, kompleks Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara 9 Maret 2015. Dari Djarot juga diketahui bahwa putra Ahok yang paling kecil mengalami DBD karena terjangkit di rumahnya. Baca lebih lanjut di sini.

2. Pendaftaran BPJS Kesehatan untuk Anak

Proses administrasi BPJS Kesehatan untuk kategori peserta mandiri membutuhkan banyak waktu karena banyak hal teknis yang harus dilengkapi

Jika pada zaman Askes anak yang ditanggung oleh PNS ada dua orang, sedangkan di era JKN yang dikelola BPJS Kesehatan anak yang ditanggung hanya sampai anak ketiga. Pertanyaan pun muncul, bagaimana dengan nasib PNS yang memiliki anak lebih dari tiga? Apakah itu berarti anak ke-4, ke-5, dan seterusnya tidak ditanggung? Temukan jawabannya di sini. 

3. Meningitis Renggut Nyawa Olga Syahputra

Olga Syahputra

Komedian Olga Syahputra tutup usia pada 27 Maret 2015 di usia 32. Penyakit Meningitis yang membuat dia lemah tak berdaya selama hampir satu tahun jadi penyebab wafatnya sahabat karib Raffi Ahmad ini.

Kabar meninggalnya Olga Syahputra mulai terdengar di penghujung 2014. Namun keluarga dan sahabat membantah kabar tersebut. Secara tegas sahabat-sahabat Olga menyebut berita itu hoax.

Sampai pada akhirnya, 27 Maret 2015, kabar itu kembali muncul dan kali ini bukan lagi hoax. Sang komedian meninggal dunia pada pukul 16:17 waktu Singapura. Silakan baca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.