Sukses

Begini Cara Bayar BPJS di Alfamart

Salah satu alternatif untuk membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan adalah melalui Alfamart.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu alternatif untuk membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan adalah memanfaatkan sistem Bank Mandiri di gerai-gerai Alfamart seluruh Indonesia. Caranya pun cukup mudah, hanya datang ke tempat belanja tersebut dan menyebutkan nomor BPJS. Nanti, petugas akan membantunya.

Begitu disampaikan Senior EVP Transaction Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans saat melakukan ujicoba pembayaran langsung iuran BPJS Kesehatan di gerai Alfamart Mardani Raya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (14/12).

"Kerjasama dengan Alfa group merupakan bagian dari program dukungan Bank Mandiri untuk pembayaran iuran BPJS melalui jaringan Payment Point Online Bank (PPOB) melalui Modern Channel. Sebelumnya, Bank Mandiri telah menyiapkan PPOB Konvensional lebih dari 2.700 loket pembayaran, yang terdiri atas warung atau toko milik masyarakat serta koperasi di seluruh Indonesia. Secara bertahap, jumlah ini akan ditambah hingga 6.000 loket pembayaran," katanya.

Salah satu keunggulan sistem Bank Mandiri di Alfamart, kata dia, bisa membayar iuran BPJS selama enam bulan sekaligus. Hal ini tentunya akan memudahkan akses pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

"Melalui kerjasama ini, masyarakat akan dapat memanfaatkan seluruh jaringan Alfa Group, yakni 10.337 gerai Alfamart, 883 gerai Alfamidi , 35 gerai Lawson dan 45 gerai Dan+Dan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Rico menambahkan, dengan adanya pembayaran melalui ritel belanja ini, frekuensi pembayaran iuran meningkat signifikan. ”Jika pada tahun lalu, frekuensi transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan lewat Bank Mandiri rata-rata lebih dari 700 ribu transaksi per bulan untuk sektor Bukan Penerima Upah (BPU) saja, tahun ini meningkat menjadi rata-rata lebih dari 1,4 Juta transaksi per bulan dengan rata-rata nilai nominal lebih dari Rp133 Miliar,” ungkap Rico

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.