Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

3 Bahan Aneh yang Dipercaya Bisa Cegah Kehamilan

Sejak dulu, berbagai cara digunakan untuk cegah kehamilan, termasuk menggunakan bahan-bahan ini sebagai alat kontrasepsi.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, anda dapat menemui berbagai alat kontrasepsi dengan mudah, bahkan di minimarket di dekat tempat Anda tinggal. Alat kontrasepsi dapat membantu pasangan yang belum ingin memiliki keturunan untuk menunda kehamilan.

Tetapi tahukah anda bahwa alat kontrasepsi sebenarnya telah dikenal sejak dulu? Tentu saja bukan dalam bentuk alat yang kita jumpai sekarang namun lebih kepada penggunaan bahan yang cukup unik sebagaimana dilansir oleh Listverse, Jumat (11/12/2015). Berikut di antaranya:

Air Raksa

Saat ini anda sudah mengenal bahaya akan pemakaian merkuri bagi tubuh anda, bahkan sekedar penggunaan merkuri pada kosmetik pun telah dilarang keras.

Namun jaman dahulu merkuri justru dipercaya sebagai obat yang paling ampuh untuk mengatasi segala penyakit. Wanita di Tiongkok juga percaya bahwa mengkonsumsi air raksa ini sebelum berhubungan seks dapat mencegah kehamilan. Bahan berbahaya lainnya adalah opium atau ganja. Masyarakat Sumatera pada jaman dahulu percaya bahwa dengan mencandu opium mereka tidak akan hamil.

Madu

Sejak dahulu manusia telah memahami bahwa madu memiliki banyak manfaat. Bagi masyarakat Mesir kuno, madu juga dipercaya memiliki efek lainnya yakni sebagai alat kontrasepsi. Wanita yang akan berhubungan seks akan mengoleskan madu terlebih dahulu di alat kelamin mereka agar tidak hamil.

Metode yang sama juga pernah diterapkan pada tahun 1950-1960an di mana minuman bersoda menjadi pengganti madu. Sementara itu, sejak 1700 SM, rasa asam dari jeruk dipercaya dapat membunuh sperma.

Air Ludah

Bulan sejak dulu telah dipercaya memiliki kemampuan mistis bagi manusia. Di Greenland pada masa kuno, bulan juga dipercaya akan membuat seorang wanita hamil. Karena itulah wanita yang ingin menghindari kehamilan tidak diperbolehkan melihat bulan sebelum mereka tidur. Tidak hanya itu, mereka juga diminta mengolesi perut mereka dengan air ludah. Kepercayaan lain yang cukup unik adalah kepercayaan masyarakat Yunani kuno yang mengatakan bahwa air dari pandai besi akan menunda kehamilan jika diminum.

Meski tentu saja cara-cara tersebut tidak terbukti efektif dalam menunda kehamilan, namun ada pandangan yang menarik terkait dengan kondom yang ada sekarang. Kondom diduga terinspirasi dari masyarakat pria jaman dahulu yang menggunakan usus hewan sebagai alat kontrasepsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini