Sukses

Perhatikan Hal Ini Saat Membersihkan Kuping

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud yang dilumuri minyak mineral atau baby oil dapat menghindari infeksi pada gendang telinga.

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan kuping yang perlu dijaga membutuhkan cara yang ekstra hati-hati dan tentunya pada pemilihan cotton bud (alat korek kuping).

Sebagian besar orang membersihkan kuping dan bahkan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan. Untuk membersihkan telinga Anda harus dilakukan dengan benar, karena jika tidak hal itu akan menjadi bencana bagi sistem pendengaran Anda.

Kotoran pada telinga memang mempunyai fungsi yang baik, Jacob R. Brodsky, MD - seorang spesialis THT, Boston Childern's Hospital menerangkan, "Untuk menjaga saluran telinga tetap bersih, juga menjaga kotoran dan bakteri pada gendang telinga, harus dengan sebuah lapisan yang tipis. Ketika Anda mengunyah, sendi rahang yang terletak di sebelah saluran telinga, melalukan pergerakan mekanisme secara perlahan sehingga kotoran telinga keluar dan kemudian mengering", dikutip dari laman Good Housekeeping, Kamis (10/12/2015).

Namun untuk membersihkan kotoran di dalam telinga Anda tidak diperbolehkan dengan cara yang asal-asalan. Dan berikut alasan utama bagaimana Anda menjaga telinga Anda saat menyeka kotoran dengan cotton bud'

1. Hal buruk yang akan terjadi

Pengguna cotton bud saat membersihkan kotoran tidak bisa dilihat dengan mata telanjang dan kita tidak mengetahui apa yang ada di dalam sana. Menurut Dr. Brodsky, sebagian orang mendorong cotton bud ke dalam liang telinga. Namun sering kali pada bahan/kapas pada cotton bud bisa meninggalkan serpihannya di dalam telinga kita, yang justru dapat membahayakan telinga. Untuk menghindarinya ada pentingnya Anda memilih cotton bud yang sehalus mungkin.

2. Menyebabkan infeksi telinga

Lubang telinga memiliki lapisan alami, campuran dari minyak dan kulit untuk melindungi telinga. Penyeka kapas pada cotton bud mengikis jauh pada lapisan ini dan dapat "mengatur saluran telinga lebih lanjut pada penumpukan dan infeksi pada telinga." kata Dr. Brod.

3. Menyebabkan luka pada gendang telinga

Mengorek kuping terlalu dalam dapat menyebabkan hal fatal seperti luka akibat gagang pada ujung kapas pada cotton bud atau bahkan kapas justru tertinggal di lubang kuping terdalam.

Untuk menghindarinya, perlu lah Anda melumuri satu tetes baby oil agar kotoran pada kuping anda mudah menempel pada kapas dan memilih cotton bud dengan kapas yang halus juga bisa mempermudah Anda meraih seluruh kotoran dalam kuping.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini