Sukses

5 Manfaat Rum bagi Kesehatan

Kandungan pada rum dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Liputan6.com, Jakarta Rum adalah minuman beralkohol yang terbuat dari air tebu dan molase yang difermentasi. Kandungan molase dari rum berasal dari gula tebu yang mengandung sukrosa. Rum sendiri adalah salah satu minuman tradisional asal Karibia yang sekarang sudah diproduksi secara meluas serta dikonsumsi di seluruh dunia.

Rum digunakan dalam berbagai jenis makanan dan minuman, misalnya koktail atau di dalam makanan penutup seperti es krim dan kue. Rum memang dipercaya dapat memberikan efek pusing (mabuk) jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun rum ini mempunyai faedah/manfaat gizi bagi kesehatan manusia.

Rum memiliki 230 kalori untuk 100 gram pengkonsumsian. Selain itu, rum benar-benar tidak memiliki kabohidrat dan lemak yang tinggi. Energi yang terdapat pada rum berasal dari kandungan alkoholnya.

Berikut manfaat rum selengkapnya, dikutip dari laman Foodtofitness, Kamis (10/12/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat dari Rum

1. Rum membuat panjang umur

Dengan meminum rum dengan takaran yang sesuai dapat meningkatkan rentang hidup 2-5 tahun lebih lama.

2. Mencegah serangan jantung

Mencegah penyakit arteri perifer (penyempitan arteri atau aliran darah). Mengkonsumsi rum dapat membantu mengatasi dan membatasi penyumbatan pada arteri dalam tubuh manusia. Rum ini bertindak sebagai pengencer darah dan juga dapat mencegah serangan jantung.

3. Rum memerangi nyeri otot

Mengkonsumsi rum dengan asupan yang cukup dapat meredakan klaudikasio intermiten atau yang dikenal dengan nyeri otot. Selain itu osteoporosis pun dapat dicegah dengan rum karena kandungan pada rum membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang.

4. Mencegah flu

Sifat anti-mikroba pada alkohol bermanfaat untuk memberikan efek panas pada tubuh, sehingga saat cairan pada hidung yang menyumbat pernapasan dapat berkurang dan keluar dari dalam hidung.**

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini