Sukses

Ini Keuntungan dan Kerugian Konsumsi Ikan

Makan ikan memang punya manfaat untuk tubuh kita. Tapi juga punya risiko yang harus diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Ikan, sumber protein selain ayam dan daging ini dapat melindungi kita dari stroke bila dikonsumsi paling sedikit seminggu sekali. Satu penelitian menyebut, orang yang gemar menyantap ikan terlebih ikan bakar atau yang dikukus, 13 persen lebih kecil kemungkinan menderita penyumbatan suplai darah ke otak dibanding mereka yang tidak sering makan ikan.

Meski ikan mengandung lemak omega-3 yang membantu melawan penyakit jantung dan dapat melindungi kita dari arthritis, diabetes, depresi, dan sejumlah jenis kanker, ada risiko yang juga harus diwaspadai.

Bagi wanita hamil, ibu menyusui, atau wanita yang berencana untuk hamil harus membatasi paparan ikan yang mengandung merkuri. Polutan industri ini dapat menghambat perkembangan sistem saraf pada janin, bayi, dan anak-anak. Seperti dikutip dari situs Times of India, Senin (7/12/2015) hati-hati memilih ikan yang layak dikonsumsi.

Selain itu, ikan ternak mengandung kontaminan seperti pestisida dan racun lainnya. Supaya terhindar dari efek negatif pencemaran ini, lebih baik memilih ikan salmon di tempat yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.