Sukses

Catat, Ini Daftar Makanan Lezat yang Sehatkan Jantung

Tak sulit kok untuk cegah penyakit jantung, salah satunya dengan asupan camilan tepat lezat di bawah ini.

Liputan6.com, New York- Di zaman ini, penyakit tak menular seperti jantung menduduki peringkat atas penyebab terjadinya kematian. Menurut studi di Emory University di Atlanta, Amerika Serikat paling tidak sekitar 50 persen kematian terjadi karena penyakit jantung. Padahal hal ini sesungguhnya bisa dicegah lewat perubahan gaya hidup, salah satunya lewat asupan makanan.

Ada camilan sehat yang secara signifikan mampu kurangi risiko penyakit jantung sekaligus diabetes serta menurunkan berat badan. Berikut lima makanan yang menyehatkan jantung seperti ditulis penulis Eat This, Not That! dikutip dari laman Time, Senin (7/12/2015).

1. Cokelat hitam

Jika dimakan dalam jumlah yang secukupnya, cokelat hitam bisa memperbaiki sistem cerna dan melawan lemak perut. Untuk itu, cari cokelat yang mengandung 70-80% kokoa. (huffingtonpost.com)
Cokelat hitam terdiri dari 74 persen atau lebih kokoa. Berbagai studi telah temukan aneka manfaat baik konsumsi cokelat dengan cita rasa sedikit pahit untuk kesehatan kardiovaskular dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Circulation Heart Failure menemukan bila wanita yang konsumsi cokelat hitam dua kali seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 32 persen dibandingkan yang tidak konsumsi cokelat.

Lalu, ada lagi studi jangka panjang yang temukan orang yang konsumsi 1/3 cup cokelat chip per minggu turunkan risiko hingga 17 persen. Para peneliti ungkap kandungan polifenol dan flavanol mengandung senyawa peradangan yang membantu melindungi jantung.

2. Edamame

Edamame, kacang-kacangan tinggi kalsium selain susu. (huffingtonpost.co.uk)
Anda pasti sudah pernah mendengar kacang yang satu ini. Edamame mengandung magnesium, folat, dan kalium. Ketiga nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

Selain itu, edamame mengandung serat yang membantu melindungi jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi resesor low-density lipoprotein (LDL), yang bertindak seperti penjaga untuk menarik kolesterol jahat dalam darah.

3. Tomat

Bukan hanya gandum, tapi tomat juga ternyata baik untuk kesehatan jantungmu.
Tomat amat kaya likopen, yakni antioksidan yang jumlahnya makin banyak setelah dimasak dan diolah. Kehadiran likopen ternyata bermanfaat meningkatkan pelebaran darah pada pasien penyakit kardiovaskular.

4. Kacang kenari

Kacang kenari (Via: infoloka.com)
Kacang yang satu ini kaya antioksidan dan asam lemak omega-3 yang secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan konsumsi kacang kenari satu ons kacang kenari sebanyak lima kali dalam seminggu dapat memangkas risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

5. Rooibos tea

Rooibus tea (Foto: servingjoy.com)
Nama teh yang tanamannya biasa tumbuh di Afrika ini mungkin asing di telinga kita, namun sudah produknya tak sulit ditemukan. Sebuah studi dari Amerika Serikat temukan bahwa komponen dalam rooibos tea dapat mengurangi hormon stres sehingga menjaga jantung tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.