Sukses

7 Manfaat Sehat Kacang Mete

Mulai dari tingkatkan daya tahan tubuh hingga menurunkan depresi. Selengkapnya, berikut manfaat konsumsi kacang mete.

Liputan6.com, New York- Kacang yang berasal dari jambu monyet ini memang lezat dijadikan sebagai camilan. Baik digoreng maupun dicampur dalam berbagai olahan makanan. Tak hanya enak di lidah, kacang mete juga punya beragam manfaat sehat.

Kacang yang satu ini memang memiliki kandungan lemak tak jenuh seperti jenis kacang-kacangan yang lain, namun uji klinis dan aneka studi menunjukkan konsumsi kacang ini tidak menyebabkan obesitas dan malah bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, berikut enam manfaat menyehatkan lain dari konsumsi kacang mete seperti dikutip dari laman aboutnutrutionfact, Senin (7/12/2015).

1. Menurunkan depresi

Kacang yang satu ini merupakan sumber baik untuk asam amino L-triptofan yang bisa merangsang serotonin di otak. Kehadiran serotonin terbukti memengaruhi suasana hati yang mampu mengurangi rasa sedih yang dialami.

2. Menurunkan risiko diabetes

Hasil studi laboratorium yang melibatkan tikus menunjukkan konsumsi kacang mete dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan kandungan asam anakardat dalam komponen kacang mete dapat mengendalikan gula darah.

3. Baik untuk jantung

Penelitian epidemiologi menunjukkan konsumsi kacang-kacangan bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Setelah konsumsi kacang secara teratur, tekanan darah, sindrom metabolik, dan fungsi pembuluh darah lebih baik. Hal-hal tersebut menguntungkan dari sejumlah faktor kardiovaskular.

Terlebih lagi, dibandingkan kacang jenis lain, kacang mete lebih sedikit kandungan lemaknya dengan total lemak 46 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat tulang dan sehatkan mata

4. Kesehatan tulang

Kaya akan kandungan magnesium, tembaga zinc, dan aneka mineral lainnya membuat kacang mete baik untuk kesehatan tulang.
Misalnya, zinc merupakan mineral penting yang diperlukan untuk mineralisasi tulang dan merupakan komponen utama dalam jaringan ikat. Lalu ada pula tembaga yang terbukti baik untuk hindari osteoporosis.

5. Perkuat sistem imunitas tubuh

Kacang mete mengandung zinc yang memainkan peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan zinc terkait degan peradangan, selain itu kehadiran mineral yang satu ini mempersingkat lama sakit.

6. Tingkatkan kesehatan mata

Ada lutein dan zeaxanthin dalam kacang mete sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dua komponen nutrisi tersebut berperan dalam mengurangi risiko terkena katarak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini