Sukses

3 Cangkir Kopi Sehari agar Lever Sehat

Konsumsi tiga cangkir kopi sehari dapat mencegah kerusakan lever (hati).

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Monash di Melbourne menemukan, konsumsi tiga cangkir kopi sehari dapat mencegah kerusakan lever (hati).

Seperti diberitakan Chinadaily, Sabtu (5/12/2015), studi ini berfokus pada 1.100 pasien yang memiliki penyakit lever di Klinik Kesehatan Monash dan kopi ternyata dapat mengurangi gangguan hati akibat hepatitis C.

Penyakit hati memengaruhi sekitar 40 persen warga Australia. Statistik saat ini menunjukkan, sekitar 6 juta warga Australia mengalami penumpukan lemak hati, hepatitis B dan hepatitis C.

Spesialis penyakit lever, Alex Hodge mengatakan, temuan ini dipresentasikan di American Association for the Study of Liver Diseases in San Francisco.

"Tentu saja, tergantung jenis kopi dan seberapa parah kondisi penyakit lever mereka. Namun kopi berkualitas tanpa gula inilah yang memberikan manfaat kesehatan dan mencegah kerusakan lever," kata Hodge.

Dalam studi terpisah, Harvard University Chan School of Public Health menemukan hasil yang sama dengan perbandingan orang-orang yang minum hingga lima cangkir kopi per hari. Dalam populasi penelitian secara keseluruhan, konsumsi kopi berkualitas secara rutin setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit saraf seperti Parkinson dan bunuh diri," kata peneliti.

"Senyawa bioaktif dalam kopi dianggap dapat mengurangi resistensi insulin dan peradangan sistematis," kata mahasiswa kedokteran di Harvard, Ming Ding dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini