Sukses

Ayah yang Diet Sehat Punya Anak Pemberani

Ayah yang diet sebelum anaknya lahir bakal menumbuhkan rasa berani pada anak-anaknya

Liputan6.com, Jakarta Selama ini penelitian dari banyak pakar hanya berfokus pada pengaruh diet yang dilakukan seorang ibu terhadap proses tumbuh dan berkembang seorang anak. Mereka lupa bahwa pola diet yang dijalani seorang ayah juga memengaruhi hidup si buah hati.

Guna mencari tahu apakah pola diet yang dilakukan seorang ayah memengaruhi pertumbuhan seorang anak, peneliti utama dari Melbourne-based RMIT University, Profesor Antonio Paolini memberikan tikus jantan makanan yang berlimpah lalu membandingkan dengan tikus yang hanya diberikan asupan kalori sebesar 25 persen dari kebutuhan sehari-hari.

Meski ayah tidak memiliki kontak langsung dengan anak-anak mereka dan perilaku ibu relatif tidak berubah, Antonio menemukan keturunan dari tikus dengan makanan terbatas memiliki rasa cemas yang lebih rendah.

"Hasil penelitian menunjukkan diet satu generasi dapat memengaruhi kehidupan berikutnya," kata Antonio dikutip dari situs Times of India, Jumat (4/12/2015)

Dari hasil penelitian yang telah diterbitkan ke dalam jurnal ilmiah internasional Psychoneuroendocrinology diketahui bahwa kalori yang cukup mungkin mempertajam naluri bertahan hidup, membuat tikus-tikus itu berani menjelajahi lingkungan mereka.

Menurut Antonio, faktor lingkungan memiliki efek pada produksi sperma pria di hari-hari menjelang konsepsi.

"Karena itu penting bagi ayah untuk mempertimbangkan hal-hal seperti diet yang sehat, kurangi konsumsi alkohol dan merokok, sebelum istrinya hamil. Begitu juga istrinya," kata dia menekankan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini