Sukses

Tipe Kepribadian yang Gampang Stres, Anda Termasukkah?

Ada tipe kepribadian yang berisiko mudah kena stres.

Liputan6.com, Jakarta Stres memang diperlukan setiap orang untuk bisa berprestasi. Namun bila stres menyebabkan gangguan hingga orang tersebut sulit tidur, selalu bersitegang dengan orang-orang di sekitarnya, stres perlu diwaspadai.

Ahli kesehatan jiwa dari Rumah Sakit Jiwa Soeharti Heerdjan, Dr. Safyuni Naswati, Sp.KJ menyebutkan, ada tipe kepribadian yang berisiko mudah kena stres.

"Mereka yang punya tipe kepribadian A,"jelas Safyuni. Orang-orang yang bertipe A ini, menurut Safyuni memiliki ciri-ciri ambisius, agresif, kompetitif (suka dengan persaingan), kurang sabar, mudah tegang, pencemas, emosional, tidak dapat tenang, serba tergesa-gesa, kewaspadaan berlebihan, tidak mudah dipengaruhi, bekerja tidak mengenal waktu, kaku terhadap waktu.

 

Ciri tipe kepribadian A yang lebih lengkap menurut Kardiolog dari Amerika Meyer Frieldman, antara lain memikirkan dan melakukan dua hal sekaligus, menjadwalkan semakin banyak aktivitas dalam waktu yang semakin sempit, menyuruh orang lain bicara dengan cepat, sangat tidak sabar jika harus mengantri atau menyetir mobil di belakang kendaraan yang jalannya lambat, selalu menggerakkan tangan ketika berbicara, sering menggoyang-goyangkan kaki dan mengetuk-ngetukkan jari, pola bicara yang eksplosif dan sering bicara cabul, menjadikan selalu datang tepat waktu sebagai pemujaan, sulit untuk duduk saja tanpa melakukan apa pun, bila bermain ingin selalu menang, walaupun bermain dengan anak-anak, menilai kesuksesan diri sendiri dan orang lain dengan membandingkan jumlah, bila bicara sering membasahi bibir, mengangguk-anggukkan kepala, menggenggam tangan, memukul meja atau menghela napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini