Sukses

Olahraga Seminggu Sekali Bisa Buat Bahagia

Tak cuma bermanfaat bagi fisik, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, New York- Kabar gembira bagi Anda yang termasuk tak rajin berolahraga. Ternyata, ada manfaat baik yang bisa diperoleh dari seminggu sekali berolahraga. Hal ini bukan terkait fisik, melainkan mental. Olahraga seminggu sekali membuat Anda lebih bahagia dan menurunkan level stres.

Hal ini diketahui lewat sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam BMC Psychiatry terhadap 69 pria dan wanita. Mereka merupakan orang-orang dalam proses terapi stres dengan keluhan memiliki depresi tingkat sedang, cemas, dan kecewa.

Di awal riset, para partisipan diminta menghadiri kuliah tentang manfaat olahraga. Setelah beberapa minggu, mereka berolahraga. Para peneliti kemudian melakukan analisis terhadap aktivitas dan kesehatan mental sesudah 6, 12, dan 18 bulan.

Pada akhir penelitian, 21 responden berolahraga 3 kali seminggu, 22 responden lain seminggu sekali, dan sisanya tidak pernah berolahraga. Ketika peneliti menguji tingkat depresi, stres, dan kelelahan dalam 3 kelompok partisipan, ditemukan bahwa olahraga, baik yang sering maupun seminggu sekali, mampu memangkas rasa depresi dan kejenuhan secara signifikan.

"Olahraga, bahkan hanya dengan seminggu sekali, bisa memberikan perbedaan besar dalam suasana hati dan menjadi bagian mendasar dalam menjaga kesehatan mental," terang para peneliti dari Institute of Stress Medicine and the University of Gothenburg di Swedia.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini